Home / Pendidikan / Seberang Ulu Diusulkan Jadi Pusat Pendidikan Palembang

Seberang Ulu Diusulkan Jadi Pusat Pendidikan Palembang

Palembang, BP

Perkembangan Kota Palembang terutama wilayah Seberang Ulu (SU) I Jakabaring yang kian pesat setiap tahun, menciptakan catatan sejarah baru terhadap dampak pembangunan, sosial dan budaya. Hal ini menjadi catatan penting bagi kalangan akademisi untuk memetakan sejarah lokal wilayah Seberang Ulu sebagai bahan referensi pendidikan.

Peneliti dari Balai Pelestarian Nilai Budaya (BNPB) Padang Dra Zusneli Zubir, Mhum, mengatakan, sebagai penyeimbang wilayah Seberang Ulu, Jakabaring merupakan wilayah sentral yang berubah menjadi kawasan modern. Hal ini perlu didokumentasikan sebagai salah satu referensi sekolah dan perguruan tinggi.

“Kami mencari wilayah mana yang memiliki asimilasi dan integrasi etnis yang pas di Kota Palembang ini. Untuk wilayah Jakabaring merupakan pilihan yang tepat sejak mulai didiami oleh beberapa pendatang dan warga keturunan,” kata Zusneli Zubir di sela-sela penyampaian materi penelitian di Aula Gedung Guru Universitas PGRI Palembang, Selasa (11/8).

Ia menjelaskan, pihaknya yang berada langsung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini, berupaya mengarsip semua data yang diperoleh untuk dibuat menjadi buku penunjang khususnya pembelajaran sejarah dan budaya.

“Makanya kami juga bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Badan Perpustakaan, Balitbang, dan budayawan. Setidaknya dari hasil penelitian ini, masyarakat khususnya akademisi mampu mendalami sejarah perkembangan wilayah Seberang Ulu yang berubah drastis sejak Jakabaring populer pascaperhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) lalu,” ujarnya.

Ia menambahkan, wilayah kerja yang mereka lakukan meliputi Sumatera Barat, Bengkulu dan Sumatera Selatan. Tak hanya soal sejarah dan budaya saja, ke depan pihaknya juga akan meneliti permainan anak-anak sebagai tambahan penelitian budaya.

“Hasilnya akan kami terbitkan dalam sebuah buku, dan bahan tambahan refarensi sejarah untuk pelajar dan mahasiswa,” pungkasnya.

#adk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Mahasiswa PPG Matematika Unsri Beri Bantuan Sembako ke Panti Asuhan

Inderalaya, BP — Puluhan mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Matematika Unsri memberikan bantuan berupa sembako dan snack kepada 20orang anak ...