Home / Palembang / Distribusi Air Bersih Belum Merata

Distribusi Air Bersih Belum Merata

 

Palembang, BP

Kendati sejumlah wilayah saat ini sudah normal teraliri air bersih, namun ada pelanggan air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang mengaku masih belum teraliri. Seperti dikawasan Kelurahan Soak Simpur, yang hingga kini masih ada yang menyala.

 

“Sudah beberapa hari ini air tidak menyala, sudah komplain ke customer service PDAM tapi ada tindak lanjut,” kata Apriani ini, kemarin.

 

Dia mengatakan untuk pelayanan air bersih di lokasi memang agak sulit teraliri, apalagi ada upaya pemadaman seperti beberapa hari lalu. Hingga kini air masih belum normal.

 

Karena tidak mendapatkan air bersih, sejak padam dirinya mengaku membeli tiap hari empat hingga lima galon air bersih. Air isi ulang itu digunakan Dwi untuk memasak, mandi, dan sebagainya. “Mau gimana lagi. Tidak ada cara lain. Beli air minum isi ulang tapi bukan untuk diminum, itu untuk kebutuhan sehari-hari,” tuturnya.

 

Hal serupa dialami Hilda, warga Lebong Siarang dia menjelaskan air PDAM tidak sampai ke rumahnya selama tiga hari belakangan. Ia mengaku, selain dirinya, tetangga di sekitar rumahnya pun mengalami hal itu.

 

“Kami mau teriak rasanya melihat bak dirumah kosong, gentong-gentong tempat penadahan air kosong juga. Tapi mau gimana lagi,” ungkapnya dengan nada kecewa.

 

Pemilik usaha warnet itu mengambil air di rumah keluarga yang berada di sekitar Jalan Sukabangun I. Sebab di rumah keluarganya itu ada sumur pribadi. “Ambil air setiap hari, diangkut terus sehari bisa dua kali ambil air di sana,” katanya

 

Sementara itu Direktur Operasional PDAM Tirtamusi Kota Palembang Andy Wijaya mengatakan untuk saat ini operasional berlangsung lancar, tidak ada kendala soal pengerjaan PDAM. Diperkirakan yang masih padam karena ada masalah sambungan.

 

“Untuk operasional sudah normal, pengerjaan PDAM sudah selesai, jadi tidak ada pengaruh lagi soal pengerjaan dari PDAM. Untuk kawasan yang masih padam diperkirakan ada masalah soal sambungan, kami akan cek langsung ke lokasi,” ujar dia.

Direktur Teknik (Dirtek) PDAM Trita Musi, Stefanus mengatakan sebenarnya pengerjaan pemasangan dan koneksi kabel power listrik dari panel induk ke panel pompa air baku. Hanya saja baru-baru ini unit pelayanan KM4 masih terganggu suplai listrik dari PLN diperkirakan sudah normal saat ini.

 

Dia menuturkan, tahap normalisasi setelah listrik dinyalakan untuk kawasan ujung unit pelayanan diperkirakan akan pulih 2×24 jam. Hanya saja, gangguan tegangan listrik di KM 4 saat ini masih belum stabil, untuk itu pihaknya berharap agar pelanggan yang masih belum teraliri dapat menghubungi Call center 0711 355222

“Untuk saat ini yang baru terpantau mengalami gangguan seperti kawasan ujung Jalan Sukawinatan, sementara untuk wilayah lain di bawah UP KM 4 hingga kini masih terus di monitoring, sehingga laporan masyarakat masih terus kita pantau,” ujar dia. #ren

x

Jangan Lewatkan

Pemkot Tanggung 18 Persen Bunga Pinajaman 1000 UKM

Palembang, BP — Pemerintah Kota Palembang menanggung bunga 18 persen pertahun dari dana pinjaman 1000 Usaha Kecil Menengah (UKM) tahun ini. ...