Home / Sumsel / Empat Lawang / Harga Telur Ayam Semakin Lonjong

Harga Telur Ayam Semakin Lonjong

Lubuklinggau, BP
Pasca hari raya Idul Fitri 1436 Hijriah harga sejumlah bahan dapur di Kota Lubuklinggau terus mengalami kenaikan. Padahal asumsi selama ini kenaikan harga barang akan kembali stabil seiring mulai minimnya permintaan masyarakat akan kebutuhan barang tersebut.

Yeni (33), pedagang sayur dan kebutuhan dapur keliling disekitaran wilayah Kelurahan Kayu Ara, Lubuk Tanjung dan Watas menyebutkan, harga telur ayam satu karpet mengalami kenaikan cukup siginifikan.  Saat mendekati lebaran kemarin harganya sekitar Rp34 ribu perkarpet, kini naik menjadi Rp39 ribu per karpet. “Saya tidak tahu juga kenapa harga telur semakin naik sesudah lebaran. Menurut agen telur tempat saya biasa beli karena permintaan telur cukup banyak,” katanya.

Kenaikan harga telur disusul juga kenaikan harga ayam potong. Jika sebelumnya dijual pada kisaran angka Rp32 ribu perpotong, sekarang naik jadi Rp37 ribu perpotong. “Harga cabai merah sekarang Rp50 ribu perkilo, bawang merah Rp20 ribu perkilo dan bawang putih Rp24 ribu perkilo,” ungkapnya sembari merapikan barang dagangannya.

Wanita ini menduga kenaikan kebutuhan dapur dan sayur mayur tetap stabil dan cendrung naik dikarenakan banyaknya masyarakat yang melakukan hajatan setelah lebaran. “Lihat saja sendiri sekarang banyak yang mengadakan acara nikahan, sunatan, syukuran rumah dan aqiqah. Mereka pasti membutuhkan banyak telur, daging ayam, bumbu dapur dan kebutuhan sembilan bahan pokok. Wajar saja kiranya harga di pasaran terus naik,” ujarnya.

Bahkan, dia memerediksi harga cabai merah bakal kembali naik mengingat musim hujan di wilayah Kota Lubuklinggau dan Curup, Kabupaten Rejang Lebong turun cukup deras beberapa hari belakangan. “Kalau hujan terus turun biasanya tanaman cabai cepat rusak dan busuk, sedangkan sebagian besar cabai didatangkan dari Curup. Apalagi mendekati lebaran Idul Adha kenaikannya dapat semakin tinggi, tergantung stok dan besarnya kebutuhan pembeli di pasar,” tukasnya.#kur

x

Jangan Lewatkan

Alex Noerdin: Empatlawang Harus Kompak dan Bersatu

Palembang, BP     Untuk mewujudkan Kabupaten Empatlawang Emas dan Gemilang, pemerintah dan warga Kabupaten Empatlawang harus kompak bersatu dalam membangun daerah. ...