Home / Sumsel / Empat Lawang / Puskesmas Pobar Segera Difungsikan

Puskesmas Pobar Segera Difungsikan

Empatlawang, BP

inas Kesehatan Kabupaten Empatlawang memastikan satu lagi pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kecamatan Pendopo Barat (Pobar) akan diresmikan dan langsung beroperasi pada Agustus ini. Persiapan perlengkapan dan alat kesehatan khusus puskesmas ini telah siap diluncurkan.

“Kami sudah menyampaikan kepada pegawai yang akan ditugaskan untuk segera membersihkan puskesmas ini karena akan mulai beroperasi,” kata Kepala Dinkes Empatlawang M Taufik saat dibincangi wartawan, Jumat(7/8).

Taufik menjelaskan, sejauh ini Empatlawang  telah memiliki 10 puskesmas yang telah beroperasi. Sembilan puskesmas di antaranya telah melayani pasien, dengan rincian puskesmas yang bisa melayani pasien rawat inap lima puskesmas, dan empat puskesmas lain baru melayani pasien rawat jalan. Sementara satu puskesmas di Pobar ini rencananya akan diresmikan Gubernur Sumsel Alex Noerdin saat kunjunganya di Empatlawang di Kecamatan Pendopo nantinya.

“Rencananya, kalau Pak Gubernnur ada jadwal di Pendopo nanti, untuk meresmikan puskesmas Pendopo Barat,” katanya.

Selain itu ia menyampaikan untuk jumlah pegawai Puskesmas Pobar nanti akan diisi sebanyak 11 orang pegawai dari Dinkes, dan ditambah tenaga sukarela atau honorer sehingga sudah bisa melayani masyarakat yang berobat.

“Sebanyak 11 orang dari Dinkes kita tugaskan di sana, saya rasa untuk jumlah tersebut ditambah TKS atau honor bisa melayani pasien di Puskesmas nanti,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, setelah tiga bulan peresmian, puskesmas harusnya teregistrasi ke pusat, untuk memudahkan pelayanan penggunaan jasa klaim asuransi atau jaminan kesehatan sehingga proses pembayaran dapat ditanggung pihak penjamin. Ke depan, sambung Taufik seluruh Puskesmas termasuk di Empatlawang harus terakreditasi sesuai dengan peraturan kementerian kesehatan yang baru.

“Saat ini Puskesmas memang belum terakreditasi (dinilai –red) karena ada peraturan baru akan diakreditasi. Dan untuk puskesmas harusnya sudah teregistrasi (terdafta – red) ke pusat semuanya,” imbuhnya. #gun

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Alex Noerdin: Empatlawang Harus Kompak dan Bersatu

Palembang, BP     Untuk mewujudkan Kabupaten Empatlawang Emas dan Gemilang, pemerintah dan warga Kabupaten Empatlawang harus kompak bersatu dalam membangun daerah. ...