Home / Sumsel / Ogan Ilir / Panwaslu OI Awasi Proses Pemutakhiran Data Pemilih

Panwaslu OI Awasi Proses Pemutakhiran Data Pemilih

IMG_20150806_131231

Inderalaya, BP

Panwaslu Ogan Ilir (OI) saat ini tengah mengawasi jalannya proses pemutakhiran data pemilih tingkat desa oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) sejak 15 Juli-19 Agustus, dengan cara melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

Anggota Panwaslu OI Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Dermawan Iskandar SE, Jumat (7/8), kepada BeritaPagi mengatakan, Panwaslu OI melakukan pengawasan terhadap proses ini, dengan cara melibatkan anggota panwas kecamatan masing-masing tiga orang di 16 kecamatan, dengan cara melakukan audit sampling data pemilih.

“kita memastikan anggota PPDP bekerja secara maksimal. Memastikan pemilih yang belum terdaftar di dalam data pemilih untuk diakomodir oleh PPDP jika memenuhi persyaratan seperti umur minimal 17 tahun, sudah menikah, berdomisili minimal 6 bulan sebelum dilakukan pemutakhiran data dan sebagainya. Selain itu memastikan mata pilih yang sudah tidak ada lagi untuk dicoret, misalnya karena meninggal, pindah domisili, PNS yang berubah status sebagai TNI atau Polri atau data ganda,” ujar Iskandar.

Ditegaskannya Panwaslu OI berusaha maksimal dalam melakukan proses pengawasan dalam tahapan tersebut, karena tola ukur keberhasilan pilkada dimulai dari kevalidan data pemilih sehingga bisa meminimalisir permasalahan yang lain karena berkaitan dengan logistik pilkada.

Pria yang karib dipanggil Iskandar ini juga mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam tahapan pemutakhiran data pemilih, jika ada masyarakat yang belum terdata dapat mendatangi petugas PPDP, PPS, PPK, dan Panwascam.

“kalau petugas sudah mendata maka dilakukan coklit di stiker kemudian ditempel di rumah yang sudah dilakukan pendataan. Kita harapkan pilkada berlangsung aman tertib dan masyarakat bisa menyalurkan hak pilihnya, untuk memilih pemimpin sesuai hati nurani,” jelasnya. #hen

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Proyek Taman Kota Mangkrak, GPPMS Demo Kajari dan DPRD OI

Inderalaya, BP — Gara-gara diduga proyek taman kota senilai Rp 3,7miliar mangkrak, puluhan anggota Gerakan Persatuan Pemuda Mahasiswa Peduli Sumsel ...