Home / Headline / Stem Cell Sumsel Bisa Jadi yang Terbaik di Indonesia

Stem Cell Sumsel Bisa Jadi yang Terbaik di Indonesia

stem cell

Palembang, BP
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumatera Selatan yang sedang dibangun pemerintah provinsi akan dilengkapi laboratorium stem cell. Stem cell adalah teknologi medis tingkat lanjut yang memanfaatkan sel punca untuk sistem perbaikan untuk mengganti sel-sel tubuh yang telah rusak demi kelangsungan hidup organisme.

Saat ini, Eindhoven, Belanda merupakan salah satu kota yang memiliki fasilitas stem cell terbaik di Eropa. Pemprov Sumsel bermaksud belajar ke Eindhoven untuk menjadikan RSUD Provinsi Sumsel menjadi salah satu yang terdepan dalam teknologi medis.

Managing Director Abyor Europe BV, Latif Gau, menjelaskan, pihaknya akan membantu Pemprov Sumsel untuk belajar di High Tech Campus 9, kawasan medis di Eindhoven yang sudah menggunakan stem cell dalam pengobatan.

“Rekan-rekan saya di Eindhoven bertanya, kenapa Palembang, bukan Jakarta yang belajar ke sini? Jawaban saya mengapa tidak. Akhirnya mereka sangat terbuka bila ada yang mau belajar dalam membangun fasilitas stem cell untuk diaplikasikan di Sumsel, dan memperbolehkan mencontek seluruh teknologi di sana. Bila Sumsel bisa membangun ini, stem cell Sumsel bisa menjadi yang terbaik di Indonesia,” tuturnya usai audiensi bersama Gubernur di Kantor Gubernur Sumsel, Kamis (6/8).

Nantinya pihaknya bersama Anapana Pte Ltd, akan memfasilitasi delegasi Pemprov Sumsel yang akan meninjau dan studi ke Institut Hubrecht Eindhoven seperti yang telah dilakukan oleh pemerintah Moscow, Rusia dan Amerika Serikat sebelumnya. Ia mengungkapkan, teknologi stem cell ini membantu kehidupan banyak orang memiliki unsur kemanusiaan yang besar.

Namun sebelumnya, infrastrukturnya harus tersedia lebih dahulu dan juga ketersediaan sumber daya manusia yang mumpuni dan mencukupi. Saat ini ia mengakui bahwa di Indonesia belum memiliki SDM yang cukup untuk ditempatkan di laboratorium stem cell yang besar.

Pusat stem cell di Eindhoven pun nantinya akan membantu dalam pemenuhan tenaga ahli lab stem cell. Kerja sama bisa berupa mengirimkan calon tenaga ahli ke Eindhoven, atau pun mengirimkan tenaga ahli di Belanda ke Sumsel untuk melatih calon-calon tenaga ahli pengisi lab stem cell di RSUD Sumsel. #idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pelantikan Ketua DPRD Sumsel Tunggu SK Kemendagri

Palembang, BP Kapan pelantikan Ketua DPRD Sumsel belum dapat dipastikan. Pasalnya hingga kini, sekretaris DPRD Sumsel belum menerima Surat Keputusan ...