Home / Pemerintahan / Muaraenim Bidik Juara Umum Porprov XI

Muaraenim Bidik Juara Umum Porprov XI

Palembang, BP

Muaraenim jauh-jauh hari sudah mempersiapkan diri menyambut Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Sumsel 2017. Salah satunya dengan menyiapkan infrastruktur pendukung, baik venue, tempat menginap atlet, pelatih dan ofisial maupun pembinaan atlet.

Sehingga pada gilirannya tak hanya sukses prestasi, tapi juga sukses penyelenggaraan dan hukum. Untuk venue, sebagian akan menggunakan fasilitas milik PT Bukit Asam di Tanjung Enim.

“Kebetulan kami sudah memiliki beberapa venue, tinggal direnovasi menyesuaikan standar dari masing-masing cabor,” ujar Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Muaraenim H Hasanudin usai rapat koordinasi persiapan Porprov XI di KONI Sumsel, Kamis (6/8).

Sedangkan untuk penginapan, Muaraenim sudah memiliki 19 hotel kapasitas 1100 kamar, dan Asrama Akbid yang bisa menampung 420 orang. Namun ini dirasa belum mencukupi. Sebab pada Porprov X lalu diikuti 3578 atlet, 1539 panitia cabor, 79 panitia besar, 169 panitia lokal, serta 94 panitia tambahan.

“Kami juga akan membangun perumahan atlet. Nantinya akan menjadi perumahan PNS, kemungkinan sekitar 300 unit,” terang dia.

Ia melanjutkan, masterplan sudah akan diselesaikan pada Januari 2016. “Jadi persiapan kami masih panjang, sebab Porprov XI akan dilaksanakan usai Lebaran 2017. Kami berharap tidak hanya sukses sebagai penyelenggara, namun juga berharap bisa berprestasi serta sukses administrasi dan hukum. Kalau di Porprov X Lubuklinggau, kita juara tiga, kalau bisa sebagai tuan rumah bisa juara umum,” terang dia.

Di sisi lain, Sekretaris Umum KONI Sumsel H Akhmad Najib berharap, pelaksanaan Porprov di Muaraenim bisa lebih baik dari di Lubuklinggau, 24-30 Mei lalu. “Di Linggau sudah cukup baik, apalagi itu pertama di luar Palembang. Tapi masih ada kekurangan. Ini perlu kita perbaiki,” ujar dia.

Wakil Ketua II KONI Sumsel Dhennie Zainal menambahkan, Muaraenim akan memperlombakan 22 cabang olahraga plus 3 cabor eksebisi.

Enam cabor wajib dilaksanakan yakni atletik, senam, pencak silat, aquatic, sepak takraw dan sepak bola. Sisanya, bola voli, bulu tangkis, taekwondo, tenis meja, kempo, panjat tebing, catur, bola basket, tenis lapangan, karate, biliar, wushu, bridge, panahan dan tinju. Sementara untuk cabang eksebisi, yakni golf, arum jeram dan bermotor.

Rapat juga dihadiri wakil ketua I KONI Sumsel Ade Karyana dan pengurus KONI Sumsel lain, serta perwakilan dari Muaraenim seperti, Bapeda, Dispora, dan KONI Muaraenim. O sug

x

Jangan Lewatkan

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Belum Sesuai Konstitusi

Jakarta, BP–Ketua Lembaga Pengkajian (Lemkaji) MPR Rully Chairul Azwar menegaskan,  setelah 72 tahun Indonesia merdeka sudah banyak kemajuan di sektor ...