Home / Headline / Romi Herton Resmi Dicopot

Romi Herton Resmi Dicopot

Jpeg

Kabag Tata Pembangunan Pemko Palembang Edwin Effendi menunjukkan SK Pemberhentian Romi Herton

Palembang, BP

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin langsung menyurati Pemerintah Kota (Pemko) Palembang dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Palembang terkait Surat Keputusan (SK) pemberhentian Romi Herton sebagai Walikota Palembang. Romi Herton secara sah dan menyakinkan melakukan tindak pidana korupsi hasil sidang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) nomor 15/pid/ppk/2015/ptdki.

 

Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Sumsel Ikhwanuddin mengatakan Mendagri Tjahjo Kumolo menunjuk Harnojoyo yang menjabat Wakil Walikota untuk melaksanakan tugas dan wewenang sebagai Walikota Palembang sampai ia menjadi Walikota Palembang 2013-2018 definitif.

 

“Surat keputusan pemberhentian Romi Herton telah diterima oleh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, Selasa  (4/8) malam di Griya Agung Palembang. Pemprov menyampaikan Surat Pengantar Gubernur Sumsel nomor 130/2158/II/2015 berdasarkan SK Mendagri nomor 131.16/-4709 tahun 2015,” katanya.

 

Dia menjelaskan, SK Mendagri ini langsung diberikan kepada Gubernur karena bersifat penting. Kebetulan Selasa malam Alex baru tiba pada pukul 22.00 di Palembang selepas dinas luar negeri dengan penerbangan terakhir dari Jakarta menuju Palembang. Alex pun segera memerintahkan untuk membuat surat pengantar salinan SK tersebut untuk ditujukan kepada DPRD kota Palembang dan Pemko Palembang.

 

Surat pengantar SK pemberhentian Romi dari Kemendagri telah kita serahkan kepada Seketaris Dewan DPRD Kota Palembang sekitar pukul 10.00 kemarin, sedangkan surat untuk Pemko Palembang diambil langsung oleh Kabag Tata Pembangunan Kota Palembang Edwin Efendi sekitar pukul 12.30 di ruang Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Sumsel.

 

Setelah surat ini diterima oleh DPRD Kota Palembang, maka DPRD akan melakukan sidang Paripurna untuk mengajukan pelantikan Harnojoyo sebagai walikota Palembang. DPRD Kota Palembang kemudian mengajukan surat pelantikan Harnojoyo kepada Gubernur Sumsel yang selanjutnya akan kembali mengirimkan surat tersebut kepada Mendagri untuk dijadikan SK pelantikan.

 

Dikonfirmasi, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan surat pengantar SK pemberhentian Romi Herton telah diberikan kepada DPRD Kota Palembang dan Pemko Palembang. Setelah ke DPRD Kota Palembang maka akan diusulkan untuk pelantikan melalui rapat paripurna, setelah itu akan serahkan kepada Kemendagri untuk pelantikan tersebut.

 

Alex mengaku belum dapat memastikan kapan waktu pelantikan Harnojoyo dilakukan. Sementara untuk Wakil Walikota Palembang pendamping Harno hingga 2018 mendatang Alex menjelaskan pelantikannya dilakukan setelah Harnojoyo menjadi Walikota defitinif.

 

“Kalau wakil itu masih lama. Nantilah itu, kita proses untuk Walikotanya dulu. Wakil dilantik setelah Harnojoyo sudah menjadi definitif, tidak bersamaan pelantikannya,” jelas Gubernur. #idz

x

Jangan Lewatkan

Pilgub Sumsel 2018, Posisi PDIP Dan Golkar Kuat

Palembang, BP Peneliti dari Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Kholil Pasaribu melihat pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan (Sumsel) tahun ...