Home / Olahraga / Taekwondo Hanya Bidik 1 Emas Popnas

Taekwondo Hanya Bidik 1 Emas Popnas

 Palembang, BP

Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Indonesia (TI) Sumatera Selatan hanya menargetkan satu medali emas pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Bandung, September 2015 mendatang

Terkesan pesimistis mengingat atlet yang dikirimkan untuk mengikuti ajang tersebut sebanyak 18 orang. Kendati demikian, target tersebut apabila tercapai memperbaiki capaian pada Popnas 2013 di Jakarta, yang hanya memboyong dua medali perak.

“Setelah diseleksi dari sekitar 30-an menjadi 18 atlet. Perkembangan latihan cukup bagus. Ini yang membuat kami yakin target bisa tercapai,” ujar pelatih taekwondo Sumsel Heru Iskandar Dinata, Selasa (4/8).

Menurut dia, sebanyak 18 atlet taekwondo yang dipersiapkan sejak awal Juli lalu, saat ini menjalani Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) di Gedung Balai Prajurit Auri Palembang.

“Saat ini semua masih jalani Pelatda di Auri. Kita akan terus pantau perkembangan latihan dan tetap melakukan latih tanding bersama rekan-rekan sesamanya. Ini penting karena jika latihan tanpa sparring akan susah pertandingan nanti,” tegasnya.

Menurutnya, Popnas hampir sama dengan Pekan Olahraga Nasional. Bedanya, Popnas khusus atlet pelajar, sedangkan PON diikuti atlet-atlet senior. Mereka yang berprestasi di Popnas akan diproyeksikan untuk mengikuti PON.

“Popnas itu skala pelajar. Jadi ini juga menjadi persiapan untuk atlet senior ke PON, sambil kemudian kita pantau perkembangan setelah Popnas nanti,” tukasnya.

Disinggung mengenai lawan yang menjadi ancaman, Heru menyebut tuan rumah Jawa Barat dan Sumatera Utara. Namun begitu, ia juga mewaspadai provinsi lain.

“Tuan rumah Jabar dan Sumut patut diwaspadai. Untuk itulah kita terus giat latihan dan memotivasi mental atlet-atlet. Antara fisik dan motivasi itu harus seimbang,” ujarnya.

Adapun 18 atlet yang akan membela Sumsel di Popnas September mendatang di antaranya M Faiq Arya, M Fadhil Ardikatama Ananda Eddy Irvine, R.A Nugroho, dan Agit Cahya. M Faiq Arya yang akan turun di kelas 58kg putra, jadi andalan mendulang medali emas. O sug

x

Jangan Lewatkan

16 Negara Asia Ramaikan Takraw Asian Games 2018

Palembang, BP– Pesta olahraga bangsa-bangsa Asia yang bakal digeber di Ibukota Jakarta dan Bumi Sriwijaya 2018 mendatang kini terus mengalami ...