Home / Headline / Siapa Walikota Palembang Terus Jadi Polemik

Siapa Walikota Palembang Terus Jadi Polemik

calon-walikota-palembang

Palembang, BP
Siapa sebenarnya yang akan menjadi Walikota Palembang apakah Plt Walikota Palembang Hanojoyo atau Sarimuda dengan pasangannya, Nelly Rasdiana, terus menjadi polemik di masyarakat kota Palembang.
Beragam pendapat dan argumen muncul seiring semakin dekatnya Mendagri menetapkan siapa yang akan menjadi Walikota Palembang.
Seperti Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki punya pandangan tentang Wakil Walikota Palembang Harnojoyo yang saat ini masih menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wako Palembang.
Menurutnya, Harnojoyo otomatis menjadi Walikota definitif pasca inkrahnya persidangan Romi Herton terkait sengketa Pemilihan Walikota Palembang beberapa waktu lalu.
“Saya rasa, kalau itu sudah inkrah, secara langsung akan berjalan, itu (Harnojoyo) ditetapkan sebagai walikota definitif,” katanya usai pelantikan KIP Provinsi Sumsel di Graha Bina Praja Pemprov Sumsel, Selasa (4/8).
Selanjutnya, dalam hal pengajuan surat pengunduran diri Romi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang, akan mengajukannya kepada Gubernur Sumsel H Alex Noerdin. Selanjutnya, Gubernur Sumsel akan meneruskannya kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, agar mendapatkan persetujuan.
Dia menambahkan, secara hukum, apabila Walikota tersandung hukum, dinyatakan bersalah dengan ketetapan hukum yang jelas. Maka, secara langsung wakilnya akan mengisi posisi walikota tersebut. Seperti juga kasus yang menimpa Romi dan telah dinyatakan inkrah. Maka, secara definitif Harnojoyo sebagai wakilnya dapat menjadi Walikota selanjutnya.
Pemprov Sumsel sendiri sampai saat ini masih menunggu kedatangan surat pemberhentian Romi Herton sebagai Walikota Palembang yang telah dikirimkan oleh Gubernur Sumsel beberapa waktu lalu.
“Saya tidak mengikuti perkembangan itu (surat pemberhentian sampai mana). Tapi mekanismenya seperti itu. Saya rasa tidak ada permasalahan (menetapkan Harnojoyo sebagai definitif), karena Romi sudah inkrah,” katanya.
Namun Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Palembang Antoni Yuzar meyakinkan kalau yang akan dilantik oleh Mendagri pada bulan Agustus ini adalah Sarimuda bukan Harnojoyo.
“Mana mungkin Harnojoyo yang dilantik. Hal mana keputusan politik DPRD Palembang Nomor 6 memutuskan memakzulkan Romi Herton dan Harnojoyo. Juga keputusan hukum tertinggi yang sifatnya final memutuskan memakzulkan Romi dan Harnojoyo, yaitu keputusan Mahkamah Agung RI No 4P, bersifat final maksudnya tidak ada upaya hukum lain,” jelas Antoni Yuzar.
Dengan keputusan tersebut, lanjutnya, Mendagri hanya melaksanakan putusan dalam bentuk SK Pemberhentian RH &HRJ lalu melantik dan atau mengembalikan hak politik Sarimuda-Nelly Rasdiana.
Alhamdulillah…insya Allah…di bulan Agustus 2015 ini pasangan Sarimuda-Nelly dilantik,” kata Antoni Yuzar. #osk

x

Jangan Lewatkan

Dana Bantuan 11 Parpol Di Sumsel Tahun 2017 Capai Rp 2.030.811.552

Palembang, BP Hingga saat ini Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumsel belum menerima secara resmi petunjuk pelaksanaan (juklak) ...