Home / Pendidikan / Peluang Lulus Jalur UM UIN Lebih Besar

Peluang Lulus Jalur UM UIN Lebih Besar

Palembang, BP

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) jalur Ujian Mandiri (UM) UIN Raden Fatah Palembang diumumkan, kemarin siang. Peluang calon mahasiswa yang mengikuti jalur ini cukup besar, mengingat kuota ujian mandiri meningkat tajam.

Seperti diketahui, kuota yang disediakan civitas akademik awalnya hanya 432 calon mahasiswa. Namun, banyaknya calon mahasiswa yang lolos pada SPMB sebelumnya tidak registrasi membuat kuota UM meningkat hingga 2.000 calon mahasiswa.

“Kuota mandiri memang kita tingkatkan untuk menutupi mahasiswa yang lolos SNMPTN, SBMPTN dan SPAN tidak registrasi,” terang Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PUSTIPAD) UIN Raden Fatah, Fahruddin, Mkom, Selasa (4/8).

Ia menjelaskan, jumlah pendaftar yang mengikuti ujian sebanyak 3.107 peserta dengan pilihan 22 program studi. Dari sini, ada lima prodi paling diminati yakni Ekonomi Islam, D3 Perbankan Syariah, Pendidikan Agama Islam, Sistem Informasi dan Prodi Psikologi Islam.

“Hasil UM akan kami serahkan kepada rektor untuk ditandatangani, selanjutnya baru kami publish lewat internet dan gedung BAAK. Hasilnya akan kami umumkan sekitar pukul 14.00,” kata dia.

Sebelumnya dia mengaku, calon mahasiswa yang dinyatakan lolos pada ujian sebelumnya lebih dari separuh calom mahasiswa tidak registrasi ulang. Seperti jalur SNMPTN, jumlah calon mahasiswa yang lolos sebanyak 430 orang, namun hanya 258 peserta melakukan registrasi. Begitu juga dengan jalur SPAN-PTKIN hanya 219 orang yang registrasi dari jumlah mahasiswa lolos sebanyak 925 orang.

Bahkan, dari hasil sebaran mahasiswa baru dari beberapa jalur seleksi diketahui, ada beberapa program studi (prodi) hanya satu orang yang melakukan registrasi yakni Prodi Perbandingan Agama di Fakultas Ushuluddin dan Politik Islam di Fakultas Syariah. Padahal kuota untuk kedua prodi ini ada 80 kursi. Alhasil, kuota kedua jalur seleksi tersebut bertambah. Seperti UMPTKIN dari awalnya sekitar 1.200 orang menjadi 1.684 calon mahasiswa. Begitu juga dengan ujian mandiri, sebelumnya sekitar 432 orang kini menjadi 2.000 mahasiswa.

#adk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

UIN Ajak Mahasiswa Tanamkan Cinta Al Quran

Palembang, BP Momen bulan suci Ramadan menjadi ajang berlomba-lomba kebaikan seluruh muslim dunia. Beragam cara dilakukan dengan berbagai kegiatan, mulai ...