Home / Palembang / Ganti Rugi Lahan Musi IV Bergulir

Ganti Rugi Lahan Musi IV Bergulir

 Palembang, BP

Setelah sempat tidak ada kabar dan kepastian, babak baru perkembangan ganti rugi lahan pembangunan Musi IV akan segera dimulai. Pembayaran tahap awal direncanakan di Kantor Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kota Palembang sekitar pukul 09.00.

Namun sayang, Kepala Dinas PUBM dan PSDA Palembang Darma Budhy enggan menyebut barapa besaran dan jumlah warga yang diganti rugi. Bahkan, berita baik tentang perkembangan salah satu mega proyek di Kota Palembang ini terkesan dirahasiakan dan ditutupi.

“Nantilah, datang saja Kamis nanti. Langsung lihat ke kantor. Semua warga Seberang Ulu (SU) sudah setuju dan pembayaran dilakukan melalui sistem transfer tidak ada yang melalui pembayaran cash,” kata Budhy, Selasa(4/8).

Dia menjelaskan pembayaran ganti rugi ini telah dapat dilakukan karena usulan pencairan dana ke Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Palembang. Warga yang lahannya akan diganti, pada hari Kamis tersebut harus membawa kelengkapan data pribadi serta sertifikat kepemilikan lahan.

Hanya pemilik lahan yang namanya tercantum dalam sertifikat tersebut yang diperkenankan memproses pembayaran. Tidak ada kuasa atau diwakilkan dan harus yang bersangkutan datang untuk menandatangani berkas pembayaran.

Kepala BPKD Palembang M Zulfan menyatakan pencairan dana ganti rugi lahan tahap pertama ini sudah dicairkan sejak Senin (3/8) lalu. Dana sebesar Rp4,8 miliar ini langsung dicairkan ke Sekretaris Dinas PUBM dan PSDA Palembang.

“Kalau untuk total kalau tidak salah sekitar Rp9 miliar hingga Rp10 miliar. Tahap selanjutnya kita menunggu usulan lagi dari dinas terkait kapan akan dicairkannya,” terangnya.

 

Seperti yang diwartakan sebelumnya, Pembayaran ganti rugi akan dilakukan secara bertahap mengingat cukup besarnya dana yang digelontorkan. Untuk pembayaran ganti rugi proyek pembangunan jembatan Musi IV ini, dibutuhkan dana sekitar Rp42 miliar yang merupakan sharing Pemko Palembang dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel.

 

Pemko Palembang mengeluarkan dana sebesar Rp8,6 Miliar dan sisanya sekitar Rp34 miliar oleh Pemprov Sumsel. Untuk total persil yang akan diganti rugi, Sapri menyebutkan ada sebanyak 43 persil. #ren

x

Jangan Lewatkan

Pemkot Tanggung 18 Persen Bunga Pinajaman 1000 UKM

Palembang, BP — Pemerintah Kota Palembang menanggung bunga 18 persen pertahun dari dana pinjaman 1000 Usaha Kecil Menengah (UKM) tahun ini. ...