Home / Sumsel / Banyuasin / Miliaran Rupiah Dana Tower Terancam Hilang

Miliaran Rupiah Dana Tower Terancam Hilang

IMG_00000139

Banyuasin, BP

Bila tidak segera merevisi Peraturan Daerah terkait restribusi tower, Banyuasin terancam kehilangan miliaran rupiah dana restribusi yang disetor itu.

Hal tersebut menyusul putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengubah mekanisme penentuan besaran restribusi tower yang sebelumnya berdasarkan nilai pokok obyek pajak (NJOP), diganti dengan penghitungan berdasarkan pelayanan yang diberikan pemerintah. “Hal ini sesuai dengan dikabulkannya uji materi pasal 124 Undang Undang No 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang menjadi landasan hukum perhitungan retribusi tersebut,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Supriadi melalui Kepala Bidang (Kabid) Kominfo dan Telekomunikasi, Erwin Ibrahim, Minggu (1/8).

Selama ini Banyuasin menggunakan cara penghitungan besaran retribusi yakni 2 persen dari NJOP lokasi menara telekomunikasi, namun karena pada bulan Mei kemarin, terdapat putusan MK yang mengabulkan uji materi tentang UU yang menjadi landasan Hukum pengenaan retribusi itu, maka Perda Banyuasin No 13 Tahun 2011 yang memang masih mengacu pada cara penghitungan lama tidak dapat berlaku lagi.

Ia mengungkapkan berdasarkan putusan MK tersebut penghitungan besaran biaya menara telekomunikasi akan mengacu pada bentuk pelayanan yang nyata diberikan oleh pemerintah daerah yakni dalam hal pengendalian dan pengawasan. Menurutnya, dalam hal pengendalian pihaknya telah menerapkan peta penempatan menara baru (Cell Plan) yang memuat titik  koordinat batas-batas zona/radius zona temasuk larangan keberadaan menara telekomunikasi. “Artinya, selama Perda Tower tersebut belum direvisi, kita tidak punya landasan untuk memungut restrebusi,” jelasnya. #mew

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Reuni Akbar SMP Negeri 38 Palembang Dihadiri Ratusan Alumnus

Palembang, BP Masih dalam suasana lebaran idul Fitri , keluarga besar alumni SMP Negeri 38 Palembang mengadakan acara reuni akbar ...