Home / Sumsel / Muaraenim / Kades Muaraenim Diingatkan Hati-hati Gunakan Uang Rakyat

Kades Muaraenim Diingatkan Hati-hati Gunakan Uang Rakyat

Muaraenim, BP
Para Kepala Desa (Kades) di Muaraenim saat ini kondisinya benar-benar bergelimang uang. Empat hari menjelang Idul Fitri 1436 H lalu,  mereka baru saja menerima pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) bersumber dari dana APBD Muaraenim tahun 2015 yang nilainya di atas Rp200 juta/desa.
            Dalam waktu dekat ini mereka kembali akan menerima pencarian dana desa bersumber dari dana APBN yang nilainya di atas Rp200 juta/desa. “Dana desa yang dalam waktu dekat ini pencairannya akan diterima para kepala desa yang paling kecil sebesar Rp261 juta/desa dan yang terbesar Rp300 juta ke atas,” jelas Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Drs H Fajeri Irham, Senin (3/8).
           Menurutnya, besar kecil dana yang diterima setiap desa ditentukan beberapa kriteria. Di antaranya kondisi geografis desa, jumlah penduduk dan luas wilayah desa. Jumlah dana desa yang diterima Pemkab Muaraenim dari pemerintah pusat, lanjutnya, untuk disalurkan ke masing masing desa sebesar Rp67 miliar.
           “Dari jumlah dana tersebut, pada pencairan tahap pertama ini sebesar Rp27 miliar atau 40 persen. Begitu juga pencairan masing-masing desa sebesar 40 persen dari total dana yang akan  diterima setiap desa,” jelas Fajeri.
             Dana yang dicairkan sebesar 40 persen tersebut, lanjutnya, akan digunakan untuk kegiatan fisik di masing masing desa dan pemberdayaan masyarakat. “Pembangunan fisik apa yang akan dilaksanakan di desa itu berdasarkan hasil musyawarah rapat desa,” jelasnya.
Dia mengimbau kepada seluruh kepala desa agar setiap pencairan dana desa tersebut di bank harus meminta bantuan pengamanan dari aparat kepolisian Polsek maupun aparat TNI dari Koramil setempat. Tujuannya supaya uang yang diambil benar benar terjamin keamanannya.
                  “Imbauan ini kita sampaikan kepada semua para Kades agar tidak terulang kasus pencurian dana ADD oleh pelaku kejahatan pada saat diambil dari bank seperti yang dialami salah satu Kepala Desa di Kecamatan Rambang Dangku beberapa hari menjelang lebaran lalu,” jelasnya. #nur
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Bank Indonesia Lirik Kopi Semende

Muaraenim, BP—Bagi masyarakat Sumatera Selatan sebutan kopi Semende sudah tidak asing lagi karena kepopulerannya nyaris menyampai pempek Palembang yang telah ...