Home / Headline / Kesehatan 11 Calon Bermasalah, Harus Periksa Lanjutan

Kesehatan 11 Calon Bermasalah, Harus Periksa Lanjutan

IMG-20150802-02040

Palembang, BP
          Sesuai tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Sumsel, Minggu (2/8), menyerahkan hasil tes pemeriksaan kesehatan terhadap 19 pasang calon dari tujuh kabupaten yang menggelar pilkada kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Penyerahan hasil tes kesehatan mulai 29 Juli hingga 30 Juli itu, dipusatkan di Aula Gedung KPU Sumsel, Minggu (2/8). Hasilnya dari 38 orang cabup dan cawabup ini, sekitar 27 orang tidak ada masalah mengenai kesehatannya.

Namun, sebelas orang cabup dan cawabup perlu dilakukan tindakan pemeriksaan ulang atau pendalaman pemeriksaan lanjut di Rumah Sakit Dr Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang.

“Dalam pemeriksaan kita mengeluarkan rekomendasi atau tidak direkomendasikan. Beberapa calon yang belum bisa kita berikan kesimpulan rekomendasi, perlu dilakukan pendalaman pemeriksaan,” kata Ketua IDI  Wilayah Sumsel Dr Rizal, kemarin.

Sayangnya Dr Rizal tidak mau menyebutkan nama-nama sebelas orang yang perlu pemeriksaan kesehatan lanjutan. Berdasarkan kesepakatan tim pemeriksa kesehatan, kesebelas orang ini, Senin (3/8), ditunggu di Graha Spesialis RSMH, Palembang.

“Mereka ini ada yang perlu dilakukan pengulangan dan ada yang perlu tindak lanjut. Memang ada sebelas orang. Ini akan kami serahkan ke IDI cabang dan KPU kabupaten. Kami jelaskan perlu tindakan lanjut atau tidak,” katanya.
Karena ini adalah tindak lanjut, maka RSMH Palembang memerlukan biaya tambahan Rp127 ribu per orang. “Untuk yang dilakukan tindak lanjut diserahkan ke calon sendiri. Contoh apakah dia perlu operasi, apakah mau dilakukan pemeriksaan jantung itu tergantung pribadi calon masing-masing. Kalau calon tidak mau dioperasi maka kesimpulannya dia tidak direkomendasi atau calon tidak dilakukan tindakan lanjutan maka dia tidak direkomendasi,” katanya.
Ketua KPU Sumsel Aspahani mengaku ada sebelas orang cabup dan cawabup yang perlu pemeriksaan lanjutan kesehatan di RSMH, Palembang hari ini Senin (3/8).
“Saya tidak tahu etika kita dalam bahasa media, ini tidak harus menyebut nama tapi memang ada dari 38 orang cabup dan cawabup yang tes kesehatan, sebelas orang perlu tindak lanjut. Kalau media mau memberikan informasi publik, kalau menyebut nama menurut saya kurang etis, apalagi menyangkut kesehatan,” katanya.
Menurut Aspahani, apa yang disampaikan IDI merupakan laporan sementara. “Kita komit tanggal 2 Agustus hasil tes kesehatan sudah ada hasil, tapi sebagian perlu ditindaklanjuti. Belum bisa sampai rekomendasi, jadi KPU perlu rekomendasi itu pilihannya memenuhi syarat atau tidak. Kalau saya tangkap dari 38 orang cabup dan cawabup ini 27 orang sudah tidak ada masalah. Tapi ada sebelas orang perlu dilakukan tindakan pemeriksaan ulang atau pendalaman. Kalau pemeriksaan lanjut dikenakan biaya Rp127.000, namun kalau pengulangan pemeriksaan sifatnya tidak dikenakan biaya,” katanya.
“Kita jelaskan saja kami sebatas hasil pemeriksaan, bilamana ada tindakan medis lanjutan untuk calon bisa terus atau tidak maka biaya ditanggung calon, sehingga ini perlu ada penegasan,” katanya.
Namun nanti sebelas orang ini tidak mau melaksanakan tindak lanjut medis, maka dianggap gugur, karena calon tidak memenuhi syarat kesehatan berdasarkan PKPU.

“Tapi tidak menggugurkan pasangan tersebut, tapi parpol pengusung segera mengganti pasangan bupati apakah calon bupati atau calon wakil bupatinya. Itu harus dites kesehatan lagi, karena itu hasil pertemuan hari ini kita terima dulu dari IDI lalu sampaikan kepada calon dengan berita acara. Kalau tidak mau, maka calon itu gugur. Tapi, kalau ternyata mereka divonis pihak RSMH tidak direkomendasikan kita minta ganti dengan partai pengusung,” katanya.
Anggota KPU Sumsel lainnya Liza Lizuarni memastikan pihaknya bertindak sesuai tahapan yang telah ditentukan. “Tahapan penyerahan hasil pemeriksaan kesehatan dari IDI ke KPU pada 1 sampai 2 Agustus dilakukan saja. Bagi yang belum memenuhi syarat diberikan keterangan kepada calon yang bersangkutan dari KPU,” katanya.#osk

x

Jangan Lewatkan

12 Teroris Berencana Serang Kantor Polisi di Sumsel

Palembang, BP–Sebanyak 12 terduga teroris yang ditangkap tim Densus 88 Antiteror pada Minggu (10/12) lalu masih menjalani pemeriksaan di Mako ...