Home / Palembang / Warga Bongkar Bagian Bangunan Ruko di Atas Drainase

Warga Bongkar Bagian Bangunan Ruko di Atas Drainase

Palembang, BP
Kerap dianggap menjadi pemicu tersumbatnya aliran air saat hujan, akhirnya penutup saluran air di ruko milik Zahidah di Jalan Sultan Mahmud Badaruddi (SMB) II RT 22 RW 5, Kelurahan Sukodadi, Kecamatan Sukarami, dibongkar ramai-ramai oleh warga, Minggu (2/8).
Warga menganggap ulah pemilik ruko yang membangun ruko di atas drainase telah menjadi salah satu penyebab mudahnya terjadi banjir di lingkungan sekitar. Air dari saluran air meluap ke rumah warga karena drainase sering tersumbat.
Ketua RT 22 Umar Hasan mengatakan, pihaknya jauh sebelum pembongkaran sudah tidak setuju dengan tindakan pemilik ruko yang bersikukuh untuk membangun ruko di atas saluran air. Sejak tahun 2013 bahkan sudah ditandai dengan penolakan warga melalui surat pernyataan warga ke Lurah Sukodadi.
Entah bagaimana proses perizinanannya terjadi, ruko tersebut akhirnya berdiri tegak di atas saluran drainase dengan mengosongkan lantai bawah dan tetap membangun lantai dua dan tiga tanpa ada persetujuan warga. “Saluran di lokasi sering memicu tersumbatnya air, jadi hari ini (kemarin-red) warga membongkar penutup saluran,” katanya kepada BeritaPagi. 
Dalam surat penolakan dan keberatan pembangunan ruko, dijelaskan Umar, pemilik sudah diinstruksikan melalui surat resmi dari Lurah untuk menghentikan pembangunan ruko. Hanya saja, hingga dianggap telah menjadi salah satu penyebab banjir, pernah ada upaya pembongkaran ruko tersebut.
Lurah Sukodadi bahkan di dalam surat keterangan juga menembuskan pemberitahuan kepada Camat Sukarami, Dinas Tata Kota, Kominfo, Polisi Pamong Praja (Pol PP) hingga ke Walikota Palembang. Namun usaha itu tampak sia-sia dan akhirnya warga sekitar yang berang beramai-ramai membongkar penutup drainase.
Dari informasi yang dihimpun di lapangan, pemilik sempat menyatakan surat kepada Dinas Tata Kota, Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu dan Lurah Sukodadi untuk menyelesaikan pekerjaan bangunan yang terletak di atas sungai tersebut dengan hanya dua lantai sesuai petunjuk gambar dan Izin Mendirikan Bangunan. #ren
x

Jangan Lewatkan

Ratusan Koperasi Tinggal Papan Nama

Palembang, BP — Pertumbuhan koperasi di Kota Palembang terbilang cukup signifikan terutama yang dibentuk oleh masyarakat. Dari total 1082 hampir setengahnya ...