Home / Headline / Sejarah Sriwijaya Harus Masuk Pelajaran Sekolah di Palembang

Sejarah Sriwijaya Harus Masuk Pelajaran Sekolah di Palembang

216341_1043415483288_7323485_n
Palembang, BP
Minimnya upaya Pemerintah Kota Palembang dalam menggali dan melakukan kajian terhadap sejarah Kerajaan Sriwijaya sangat disayangkan. Seharusnya sejarah Kerajaan Sriwijaya masuk pelajaran lokal sekolah-sekolah yang ada di Palembang.
Pengamat sejarah kota Palembang, Abdul Aziz Kamis, berharap pihak Pemkot Palembang lebih serius melakukan kajian sejarah Kerajaan Sriwijaya.
“Bahwa memang ini merupakan budaya, otomatis sejarah Sriwijaya harus menjadi mata pelajaran di sekolah-sekolah yang ada di kota Palembang,” katanya, Minggu (2/7).
Abdul Aziz Kamis mengingatkan, warga kota Palembang memiliki sejarah panjang Kerajaan Sriwijaya yang merupakan kerajaan Budha yang berbahasa Melayu.
Menurutnya, dalam banyak tulisan seperti dari Antoni Resse dan banyak tulisan para  sejarawan  dibuktikan kalau Parameswara yang melahirkan raja-raja Melayu  di Asia Tenggara berasal dari Palembang, Sumatera Selatan, atau tepatnya di Bukit Siguntang .
“Di situlah banyak orang Melayu Singapura dan Melayu datang dan untuk membuat tanda akan kedatangan Parameswara itu,” katanya.
Selain itu  dari buku yang diterbitkan Pemkot Palembang dari Wanua Sriwijaya menuju Palembang modern beberapa tahun yang lalu  jelas sejarah kota Palembang dalam kaitan Kerajaan Sriwijaya, termasuk penataan kotanya.
“Saya sudah lakukan usulan baik ke Unsri maupun IAIN agar mereka punya fakultas budaya, mereka punya orang yang melakukan kajian sejarah yang mengarah ke penelitian sejarah atau arkeologi. Kalau mengandalkan orang-orang lain untuk menggali budaya  Sriwijaya, mereka kurang memahami kultur budaya setempat. Inilah, kita dorong Unsri dan IAIN Raden Fatah Palembang untuk mendirikan fakultas budaya, sehingga ini  bukan menjadi orang dari wilayah lain untuk melakukan kajian tapi kita sendiri mengkaji, memahami kebudayaan kita,” katanya. #osk

x

Jangan Lewatkan

Mosi Tak Percaya Ke OSO, Puncak Kekecewaan

# Segera Laksanakan Munaslub Palembang, BP Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Mularis Djahri mengatakan, bahwasanya mosi ...