Home / Headline / Puluhan Tahun Tak Tersentuh Pembangunan

Puluhan Tahun Tak Tersentuh Pembangunan

IMG_00000185
Palembang, BP
Sudah puluhan tahun Jalan Talang Kemang, Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan Ilir Barat (IB) I belum tersentuh pembangunan jalan yang memadai, hingga kini jalan masih menggunakan tanah kuning.
Kondisi ini membuat ratusan warga yang tinggal di kawan Talang Kemang seakan terisolasi di tengah gemerlapnya pembangunan Kota Palembang. Ardiansyah(29), salah seorang warga setempat, mengatakan jalan sepanjang 3 kilometer dengan lebar 5 meter itu merupakan jalan utama menuju kawasan Talang Kemang, Kelurahan Bukit Baru yang tembus ke Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin.
“Jalan ini sudah ada sejak zaman Belanda dulu, tapi hingga kina belum pernah disentuh oleh perbaikan pemerintah,” katanya, Minggu (2/8).
Saat musim kemarau seperti ini Jalan Talang Kemang berdebu tebal, namun bila turun hujan menjadi lumpur dan sulit untuk dilalui kendaraan. “Kasihan para pelajar, mereka harus membuka sepatu bila melintasi jalan itu, dan baru dipakai lagi bila sudah dekat sekolah,” jelasnya.
Apalagi di sekitar Talang Kemang tidak ada sekolah SMP maupun SMA, terdekat, para pelajar yang tinggal di perbatasan kota itu, harus ke Banyuasin dan tentunya melalui jalan tanah berlumur itu. “Kami berharap pemerintah Kota Palembang berkenan melakukan pengerasan di jalan Talang Kemang ini,” ujarnya.
Hal itu dibenarkan oleh Abu Ketua RT 2 Talang Kemang Kelurahan Bukit Baru, menurutnya jalan tersebut merupakan jalan utama menuju RT 1, 2 dan 3 RW 8 Kelurahan Bukit Baru yang berpenduduk sekitar 500 jiwa lebih. “Proposal pengajuan pengerasan jalan telah beberapa kali kami ajukan ke pemerintah, tapi hingga kini belum ada realisasi,” jelasnya.
Pihaknya juga pernah menyampaikan keluhan itu kepada anggota DPRD Kota Palembang, baik secara lisan maupun tulisan dengan harapan jalan Talang Kemang segera dibenahi. “Sembari menunggu pembangunan, warga Talang Kemang kerap melakukan gotong royong untuk memperbaiki jalan seadanya. Dengan harapan mengetuk hati pemerintah,” katanya.
Dia meyakini pemerintah tahu akan kondisi jalan ini, apalagi beberapa waktu lalu di daerah tersebut pernah digelar buka puasa bersama yang dihadiri pihak kelurahan dan kecamatan. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat jalan ini segera dibangun,” harapnya. #ren
x

Jangan Lewatkan

Program 10 Ribu Kartu BPJS, Walikota Pangkalpinang Kembali Raih Penghargaan

# Untuk Ketiga Kalinya Palembang, BP Upaya untuk meningkatkan tarap hidup masyarakat kota Pangkalpinang melalui berbagai program salah satunya program ...