Home / Pendidikan / Kurikulum 2013 Coba Diterapkan di Sekolah Luar Biasa

Kurikulum 2013 Coba Diterapkan di Sekolah Luar Biasa

Palembang, BP

Penerapan Kurikulum 2013 (K-13) tidak hanya berlaku pada sekolah umum, tapi juga Sekolah Luar Biasa (SLB). Di Palembang tercatat ada 13 SLB yang akan mendapat pelatihan persiapan implementasinya mulai tingkat Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), hingga Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB).

Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) B YPAC Palembang Lega Raharja mengatakan, K-13 memang sedikit berbeda dengan sekolah umum mulai dari silabus hingga rancangan pokok pembelajaran (RPP). Menurut dia, SLB RPP dibuat berdasarkan ketunaan anak didik, mengingat setiap ketunaan memiliki kelebihan dan kekurangannya.

“Artinya materi pelajaran disesuaikan agar dapat mengarahkan siswa berdasarkan kelebihannya,” kata Lega Raharja, Minggu (2/8).

Ia menjelaskan, ke depan K-13 tidak hanya berupa pemberian materi pelajaran tapi ditambah dengan pendidikan nilai dan norma. Penambahan ini memang sulit bagi SLB khususnya SLB B lantaran keterbasan bahasa komunikasi. Sehingga penanaman nilai dan norma pada kurikulum ini sebenarnya sama dengan sekolah umum, hanya media komunikasinya terbatas di indera pendengaran.

“Untuk itu, SLB akan memberlakukan metode pembelajaran khusus yakni Metode Maternal Reflektif (MMR), guru bertatapan langsung dengan siswa dalam setiap proses belajar mengajarnya,” ujarnya.

#adk

x

Jangan Lewatkan

Lagi, Diksar Mahasiswa Memakan Korban

Palembang, BP– Musibah meninggalnya mahasiswa di Palembang akibat mengikuti Pendidikan Dasar (Diksar) kembali terjadi. Kali ini, menimpa Haris Faudy mahasiswa ...