Home / Headline / Fatwa Haram Tak Pengaruhi Jumlah Peserta BPJS OI

Fatwa Haram Tak Pengaruhi Jumlah Peserta BPJS OI

DSC_0244

Inderalaya, BP

Keluarnya fatwa haram soal BPJS dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) tidak membuat dan memengaruhi jumlah peserta jaminan kesehatan warga ini di Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Menurut Kepala Layanan Operasional BPJS OI H Jakfar, Minggu (2/8), jumlah peserta BPJS di OI saat ini 197.000 orang. Jumlah tersebut tidak berkurang, bahkan bertambah 5 persen sampai Juli kemarin. “Alhamdulillah meski ada fatwa haram dari MUI minat untuk ikut BPJS tidak terpengaruh. Yang saya dengar komentarnya banyak mendukung keberadaan BPJS karena masyarakat sangat membutuhkan untuk mempermudah biaya pengobatan. Bahkan untuk peserta mandiri jumlahnya hingga 5.000 orang, sisanya peserta dari badan usaha,” kata Jakfar kepada BeritaPagi.

Dikatakannya, untuk pembuatan kartu baru BPJS masa aktifnya 14 hari lebih lama dibandingkan dulu hanya satu minggu. Hal ini berlaku per 1 Juni. Disebutkan Jakfar, sistem rujukan pasien berjenjang mulai dari puskesmas kemudian ke RSUD OI tipe D, selanjutnya jika tidak bisa ditangani bisa dirujuk ke RSUD tipe C seperti Muhammadiyah, AKA Gani, Kayuagung, Prabumulih, dan Baturaja.

“Karena di RSUD OI baru ada tiga dokter spesialis yaitu penyakit dalam, saraf, dan bedah memang belum lengkap. Disebar pelayanan agar tidak menumpuk pasien dan pelayanan lebih optimal. Jika ada pengaduan soal pelayanan RS bisa dilaporkan ke BPJS misalnya soal obat yang dikenakan biaya, pelayanan yang lamban, dan sebagainya,” jelasnya.

Salah satu pengguna BPJS Prima warga Desa Tanjung Pering mengaku heran dengan fatwa haram MUI soal BPJS, “Ya harusnya jangan haramlah karena masyarakat banyak membutuhkan. Orang sudah bayar iuran masak jadi haram. Tapi ini juga masukan buat BPJS, pelayanan harus maksimal, berobat dipermudah, jangan hanya ambil iurannya saja tanpa peduli soal kualitas pelayanan,” harapnya.

Senada dengan Prima, warga Desa Pulau Semambu, Yasandi, juga berharap pelayanan BPJS saat berobat lebih maksimal agar pengguna kartu tersebut merasakan betul manfaat asuransi kesehatan ini. #hen

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

1.048 Bacaleg Daftar KPU Sumsel

Palembang, BP Sebanyak 1.048 nama bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRD Sumsel periode 2019-2024, resmi mendaftar ke KPU setempat, hingga ...