Home / Olahraga / Sumsel Butuh Jurusan Kepelatihan Olahraga

Sumsel Butuh Jurusan Kepelatihan Olahraga

Palembang, BP

Pelatih fisik sangat penting untuk pembinaan olahraga prestasi di Sumatera Selatan. Hal ini diakui oleh Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) KONI Sumsel Dr Meirizal Ursa.

Menurut Kepala Jurusan Pendidikan Olahraga Universitas Sriwijaya ini, dirinya menyayangkan Sumsel yang memiliki universitas terluas se Asia Tenggara dan punya Jakabaring Sport City tidak memiliki jurusan Kepelatihan Olahraga, yang menjadi cikal bakal pelatih fisik di Sumsel.

“Itu sebenarnya sangat perlu. Di Sumsel baru ada jurusan pendidikan olahraga yang mana tujuannya menjadi guru, bukan fokus melatih,” ujarnya, Jumat (31/7).

Dikatakanya, dalam olahraga prestasi, seorang pelatih dituntut harus dapat menerapkan ‘sport science’ dalam pembinaan dan pembentukan atlet. Namun, hal tersebut belum bisa berlaku maksimal di Sumsel, walau sudah ada beberapa pelatih teknik yang menerapkan sport science.

“Sebenarnya pendampingan oleh pelatih fisik dan pelatih teknik adalah cara terbaik untuk melahirkan atlet-atlet berkualitas,” katanya.

Menjadi seorang pelatih, menurut dia, bukanlah perkara mudah. Kemampuan, pengorbanan dan dedikasi tinggi diperlukan seorang pelatih untuk mencetak atlet.

“Karena itu, Sumsel membutuhkan jurusan Kepelatihan Olahraga demi menunjang prestasi olahraga di Sumsel,” kata pelatih cabang loncat indah ini.

Ia berharap wacana ini bisa segera terlaksana. Mengingat Sumsel menjadi sorotan publik dengan beberapa kejuaraan olahraga internasional yang terus digelar. Terlebih Asian Games 2018 yang saat ini terus digadang-gadangkan kesiapannya. O sug

 

 

x

Jangan Lewatkan

16 Negara Asia Ramaikan Takraw Asian Games 2018

Palembang, BP– Pesta olahraga bangsa-bangsa Asia yang bakal digeber di Ibukota Jakarta dan Bumi Sriwijaya 2018 mendatang kini terus mengalami ...