Home / Headline / Kemarau Berkepanjangan, Musibah Kekeringan Mengancam PALI

Kemarau Berkepanjangan, Musibah Kekeringan Mengancam PALI

Sungai Sebagut di Kec. Penukal PALI nyaris kering kerontang-2
PALI, BP
Memasuki musim kemarau pada bulan keempat, ancaman kekeringan menghantui Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Saat ini, mayoritas sungai dan sumber air bersih lainnya nyaris tak berisi. Kalaupun ada, tak ubahnya kubangan kerbau, yang sungguh tak layak konsumsi.

Di beberapa kawasan, utamanya di dataran dataran tinggi seperti di Sinar Dewa, Jeramba Besi, maupun Pendopo Kecamatan Talang Ubi, warga terpaksa memanfaatkan air yang sudah berwarna keruh dan kotor untuk keperluan rumah tangga. Sementara sumur pun sudah kering kerontang.

“Kami terpaksa mandi di Lebung (anak sungai) ini, kak. Karena sumur sudah kering. Sedang PAM belum masuk. Untuk minum kami minta dengan warga lain yang sumurnya masih ada airnya. Itu pun jumlahnya terbatas,” keluh Ardi, warga Kelurahan Handayani Mulia, Kecamatan Talang Ubi.

Tak berbeda di kawasan Kecamatan Penukal. Meski kontur tanahnya relatif dataran rendah, kondisi kekeringan juga membayangi warga di sana. Sungai Sebagut yang menjadi andalan warga kini juga mengalami kekeringan. Kuantitas air di sungai yang terus mengalami pendangkalan tersebut, semenjak satu bulan lalu terus menyusut.

“Parah nian pak di dusun kami, air sungai dan sumur punyo kami lah kering galo, apolagi PAM dak masuk ke sini, jadi nak minum, masak, mandi lah susah galo. Kami berharap pemerintah kabupaten PALI biso ngasih solusi untuk kami, jadi kami dak kekeringan cak ini,” tutur Basri, warga Desa Purun, Kecamatan Penukal.

Terkait hal ini, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PALI Drs Rusman Firman, MM mengatakan, pihaknya siap-siap saja jika ada permintaan masyarakat bahwa ada desa yang mengalami kesulitan air bersih, karena bencana kekeringan melanda.

“Intinya kami selalu siap melayani masyarakat. Terutama jika terjadi bencana atau keadaan darurat yang memerlukan pertolongan dari BPBD. Kami siap 24 jam,” katanya. #hab

x

Jangan Lewatkan

12 Desember Hingga 25 Desember, KPU Palembang Lakukan Verfikasi Faktual Calon Perseorangan

Palembang, BP KPU kota Palembang segera melakukan verifikasi lapangan terkait dukungan KTP atas dua Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Walikota dan ...