Home / Hukum / Atai Dituntut 8 Tahun Penjara

Atai Dituntut 8 Tahun Penjara

Palembang, BP

ataiEdi Darmawan alias Atai (37) yang menjadi terdakwa atas perkara penyalahgunaan narkotika, hanya bisa tertunduk lesu saat dituntut pidana penjara selama delapan tahun oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), dalam persidangan di Pengadilan Negeri Palembang, Kamis (30/7).

Selain itu Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ita Royani juga menuntut warga Jalan Pangeran Sido Ing Kenayan, RT14, Kecamatan Gandus ini dengan pidana denda sebesar Rp1 miliar. Dengan catatan bila tidak dibayar diganti pidana kurungan selama empat bulan penjara.

“Menyatakan terdakwa terbukti secara sah bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 114 ayat (2) Undang Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika,” ujar JPU.

Usai mendengar tuntutan Jaksa Penuntut Umum, majelis hakim yang diketuai Masrimal menunda persidangan, serta memberikan kesempatan kepada terdakwa yang didampingi Eka Sulastri selaku penasihat hukum untuk menyiapkan materi pembelaan.

“Sidang hari ini (kemarin-red) kita tunda dan kembali dilanjutkan pekan depan dengan agenda pledoi. Dan terdakwa silakan menyiapkan materi pembelaan untuk disampaikan pada persidangan selanjutnya,” tandansya.

Dari fakta persidangan disebutkan terdakwa ditangkap aparat kepolisian saat berada di pinggir Sungai Musi, di Jalan Pangeran Sido Ing Kenayan, Lorong Sawah I, Kelurahan 36 Ilir, Kecamatan Gandus, pada 12 April.

Operasi penangkapan terdakwa bermula saat aparat kepolisian dari Satpolair Polresta Palembang mendapat informasi adanya transaksi narkoba di pinggiran Sungai Musi. Setelah dilakukan penyelidikan, petugas yang melihat terdakwa bersama Saidi (DPO) sedang bertransaksi narkoba langsung melakukan penangkapan.

Namun Saidi berhasil meloloskan diri dan saat dilakukan penggeladahan petugas menemukan dua paket besar dan 10 paket kecil narkotika jenis shabu seberat 14,535 gram, timbangan digital, serta uang Rp300.000. Atas temuan tersebut, petugas langsung mengamankan barang bukti serta terdakwa untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

#ris

 

x

Jangan Lewatkan

Teroris di Sumsel Berpotensi Bertambah

Palembang, BP–Setelah empat hari melakukan pemeriksaan terhadap 12 terduga teroris di Sumsel yang ditangkap, Minggu (10/12), akhirnya Detasemen Khusus 88 ...