Home / Sumsel / Alex Kunjungi Lokasi Kebakaran 3/4 Ulu

Alex Kunjungi Lokasi Kebakaran 3/4 Ulu

  • Pemprov Akan Latih Anak Muda Sigap Kebakaran

 

Palembang, BP
Pemandangan yang sedikit berbeda dengan posko pengungsi kebakaran lainnya, terjadi di Jalan KH Azhari, Lorong Firma, Kelurahan 3-4 Ulu Kelurahan Kecamatan Seberang Ulu I, Palembang. Para korban terlihat sumringah walau harta bendanya lenyap dan rumahnya rata dengan tanah.

Kegembiraan 110 kepala keluarga tersebut tumpah saat Gubernur Sumsel H Alex Noerdin datang berkunjung ke lokasi kebakaran, Jumat (31/7). Alex menyatakan akan siap membangun kembali rumah yang dihuni baik rumah sewa maupun pribadi yang habis dilahap si jago merah paska terjadinya bencana kebakaran, Rabu (27/7) lalu tersebut.

Namun Alex menegaskan bahwa setelah terjadi beberapa kebakaran yang menyebabkan kerugian besar, pencegahan di masa mendatanglah yang paling penting dilakukan oleh pihaknya.

“Yang penting sekarang adalah bagaimana mencegahnya. Ada beberapa hal untuk pencegahan ini, salah satunya adalah latih anak muda untuk waspada dini terhadap kebakaran,” tuturnya di hadapan ratusan korban kebakaran.

Para pemuda tersebut nantinya akan dilatih oleh Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, dan Tagana Sumsel untuk reaktif terhadap penyebab kebakaran. Seperti pemeriksaan rutin kompor ataupun pelarangan aktivitas merokok dan membuang puntung rokok sembarang yang bisa berakibat kebakaran besar.

Di setiap rumah pun harus selalu tersedia alat-alat pemadam kebakaran ringan yang bisa berupa apa pun, misal air atau karung goni yang dibasahkan, serta pasir. Alex mengatakan, pasir adalah alat pemadam api ringan yang paling murah yang bisa dimiliki masyarakat.

“Tadi pun saya sudah telpon Pak Walikota (Harnojoyo-red) bahwa lahan perumahan seperti di eks lokasi kebakaran ini tidak beraturan. Kini ada kesempatan untuk menata ulang, dengan konsep konsolidasi lahan,” ujarnya.

Alex menjelaskan, konsolidasi lahan adalah upaya untuk mengatur lahan-lahan milik masyarakat yang ditentukan ulang, serta masukkan fasilitas umum yang sebelumnya seperti untuk air bersih, listrik, dan jalan masuk yang tertata rapi.

“Dibantu pembangunannya oleh Pemko. Selesai, satu tahun kampung ini akan menjadi kampung baru. Bila dibiarkan bangun sendiri-sendiri, pasti akan menjadi kumuh seperti semula. Jangan seperti itu, harus lebih baik dari sebelumnya,” tegas Alex.

Untuk meringankan beban para korban yang kini belum memiliki rumah permanen, Pemprov Sumsel memberikan bantuan berupa sandang dan pangan seperti 1.440 kg beras, 2.130 makanan kaleng, 98 paket peralatan dapur, tenda gulung 98 lembang, 98 lembar matras, 192 lembar selimut , 98 paket family kids dan peralatan anak 40 paket.

Selain itu pemprov pun membuka dapur dan WC umum. Jadi para korban kebakaran dapat memasak didapur umum untuk makan sehari-hari dan ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Plt Kepala Dinas Sosial Sumsel Belman Karmuda mengatakan, pihaknya memberikan bantuan kepada para korban kebakaran di 3-4 ulu Palembang setelah diinstruksikan oleh gubernur. Sebanyak 52 rumah hangus terbakar, 110 kepala keluarga kehilangan harta benda dan 525 jiwa tak memiliki tempat tinggal.

“Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Gubernur Sumsel terhadap warganya yang tertimpa musibah, jadi jangan dilihat dari banyak atau besarannya,” tandas Belman. #idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

LCC Sejarah Bentuk Karakter Pemuda Yang Tangguh

Palembang, BP Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kodam II/ Sriwijaya Palembang, menggelar Lomba Cerdas Cermat ...