Home / Headline / Agen Tak Bisa Cegah Warga Kaya Beli Elpiji 3 Kilogram

Agen Tak Bisa Cegah Warga Kaya Beli Elpiji 3 Kilogram

20150729_174025

Sekayu, BP
Kenaikan harga gas tabung 12kilogram (kg) yang terus terjadi membuat warga tak peduli kaya miskin beralih ke tabung gas 3kg.  Padahal  gas elpiji 3kg bersubsidi dan didesain untuk warga miskin.  Akibatnya sejumlah agen yang ada di Kota Sekayu mengalami kekosongan stok gas elpiji 3kg ini.

Salah satu agen gas elpiji yang ada di Kelurahan Balai Agung, Kecamatan Sekayu, Al,  mengakui kelangkaan gas 3 kg terjadi sejak kenaikan harga elpiji 12 kg menjadi Rp 147.400 per tabung. Jika dihitung nyaris 50 persen konsumen beralih atau migrasi ke elpiji tabung 3kg yang ngetop dengan istilah tabung “melon” tersebut. “Semenjak  kenaikan banyak masyarakat yang bukan tergolong miskin atau kurang mampu beralih ke elpiji 3 kg,” kata Suharto Nasrun, pemilik salah satu agen elpiji, Kamis (30/7).
Suharto tidak bisa melarang masyarakat golongan mampu tersebut untuk membeli elpiji 3 kg. Karena dikhawatirkan akan terjadi protes dan berimbas pada penjualan. “Kami sebenarnya serba salah dengan kondisi ini, tetapi mau apalagi,” ujarnya dengan nada pasrah.

Dia yakin akibat masyarakat yang beralih ke elpiji 3 kg, penjualan tabung 12 kg menjadi menurun. Biasanya satu minggu bisa menjual 3-5 tabung, kini hanya satu tabung saja. “Stok tabung biru cukup banyak, karena penjualan mengalami penurun drastis. Sedangkan untuk HET kini Rp 18.000/tabung  untuk 3 kg dan yang 12 kg itu Rp 16o ribu/tabung,” ujarnya. Ditambahkannya, bahwa stok gas elpiji 3 kg setiap dua hari sebanyak 560 tabung dan biasanya langsung habis pada hari itu juga. Sehingga dalam satu minggu pihak pertamina dari Palembang mengantar gas sebanyak tiga kali. “Sebanyak 1.680 tabung setiap satu minggu. Tetapi stok itu langsung ludes dalam satu hari saja, dan sejauh ini belum ada penambahan stok,” terangnya./arf

x

Jangan Lewatkan

12 Desember Hingga 25 Desember, KPU Palembang Lakukan Verfikasi Faktual Calon Perseorangan

Palembang, BP KPU kota Palembang segera melakukan verifikasi lapangan terkait dukungan KTP atas dua Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Walikota dan ...