Home / Hukum / Pihak ATM Lalai Dalam Menjaga Keamanan

Pihak ATM Lalai Dalam Menjaga Keamanan

Palembang, BP

Maraknya aksi pembobolan yang menyasar mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang berada di Kota Palembang membuat Kapolresta Palembang, Kombes Pol Tjahyono Prawoto geram.

Bahkan Kapolresta menilai, pihak bank lalai dalam pengamanan mesin ATM tersebut lantaran sejumlah ATM yang berisi sejumlah uang milik negara itu, dibiarkan berada di pinggir jalan tanpa adanya personel pengamanan. Bank diindikasi sudah memiliki asuransi sehingga melalaikan pengamanan ATM.

“Kami mengimbau kepada pimpinan bank yang ada untuk membuat pengamanan di ATM dengan menempatkan sejumlah personil pengamanan,” ungkap Tjahyono saat ditemui di Mapolresta Palembang, Rabu (29/7).

Tjahyono mengatakan, pihaknya akan memberikan tenggang waktu kepada pihak bank untuk menyiapkan pengamanan di ATM-ATM tersebut. Bila tidak, pihak kepolisian akan menindakan tegas bagi bank-bank yang enggan melakukan pengamanan di ATM-ATM miliknya.

“Penjagaan itu bukan hanya sekadar memasang CCTV, bila CCTV itu hanya sebagai alat kontrol, dan bisa dirusak,” ujarnya.

Menurutnya, meskipun uang itu diletakkan di dalam brangkas, bukan berarti uang yang ada di dalam mesin ATM itu akan aman dari gangguan para perampok.

“Kalau ada penjagaan, setidaknya bisa melakukan perlawanan apabila terjadi pencurian, semua tidak harus diserahkan dengan polisi,” jelasnya.

Selain itu, Tjahyono pun sangat antusias dan bangga dengan anggotanya yang telah berhasil mengungkap beberapa kasus yang membuat takut masyarakat tersebut.

“Kita ini mempunyai tim yang solid, sehingga pelaku kejahatan tersebut pasti tertangkap,” katanya.

#bel

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pulang dari Kantor, PNS Disbudpar Tewas Tergilas Truk

Palembang, BP–Resiyanti (47) tewas setelah tertabrak truk peti kemas di depan showroom Nissan Jalan Demang Lebar Daun, Kecamatan IB I ...