Home / Hukum / Kurir Shabu Menunggu Ajal

Kurir Shabu Menunggu Ajal

Palembang, BP

BP/HARIS SUPRAPTO SIDANG-Terdakwa Hatta saay menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Palembang, Rabu (29/7).

BP/HARIS SUPRAPTO
SIDANG-Terdakwa Hatta saay menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Palembang, Rabu (29/7).

Hatta (52) yang duduk sebagai terdakwa kasus penyalahgunaan narkotika, hanya bisa pasrah saat Jaksa Penuntut Umum membacakan surat dakwaan dalam sidang perdana di Pengadilan Negeri Palembang, Rabu (29/7).

Pasalnya, warga Lorong Nurul Huda, Kelurahan Talang Putri, Kecamatan Plaju ini terancam maksimal pidana hukuman mati, setelah dijerat melanggar Pasal 112 ayat (2) Jo pasal 131 Undang Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Dalam dakwaan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rini Purnamawati, terdakwa ditangkap anggota Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel, saat melintas di kawasan Jakabaring, Jalan Gubernur H Bastari, Kecamatan SU I, pada 7 Mei.

Setelah pihak yang berwajib mendapat informasi dari masyarakat tentang peredaran narkotika yang sering dilakukan oleh Umar (DPO). Lalu saat dilakukan penyelidikan petugas mengetahui akan adanya pengiriman barang haram tersebut.

Kemudian ketika dilakukan operasi tangkap tangan, petugas menyetop sepeda motor Honda Beat dengan nomor polisi BG 6570 ZL yang dikendarai terdakwa bersama Umar yang menjadi buruan petugas.

Namun, saat dilakukan pencegatan Umar lebih dulu melompat dari sepeda motor dan berhasil melarikan diri, meski sempat dilakukan pengejaran oleh petugas di lapangan. Sedangkan terdakwa Hatta yang masih berada di atas sepeda motor tak bisa lagi berbuat banyak ketika petugas melakukan penggeledahan. Saat digeledah petugas menemukan kotak telepon seluler (ponsel) di dalam bungkusan plastik berisi 465 butir pil ekstasi warna cokelat dengan logo Mercy dari dalam box bagian depan sebelah kiri sepeda motor terdakwa.

Dalam keterangannya, terdakwa mengakui perbuatan tersebut. Namun dirinya hanya diminta mengantar dan tidak dijanjikan apa pun oleh Umar, jika berhasil melakukan pengantaran, meski mengetahui barang yang dibawa adalah narkoba.

“Sidang akan kita lanjutkan pekan depan dan jaksa penuntut diminta menyiapkan tuntutan, agar dapat dibacakan dalam persidangan selanjutnya,” tutup majelis hakim.

#ris

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Prabowo Gantikan Alex Noerdin Jadi Penjabat Gubernur Sumsel

Palembang, BP–Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengakhiri jabatan lebih cepat 6 minggu dari yang semestinya. Kemendagri telah menyiapkan Sekjen Hadi ...