Home / Sumsel / Hj Eliza Alex dan Obsesi Menjadikan Songket Warisan Dunia

Hj Eliza Alex dan Obsesi Menjadikan Songket Warisan Dunia

11221281_10205784467949201_2991558803405135795_n

Palembang, BP
Dalam acara halal bi halal TP-PKK Provinsi Sumsel dan Dharma Wanita Persatuan Sumsel di Griya Agung, Selasa (28/7), sempat ditampilkan fashion show yang salah satunya menampilkan pakaian bermotif songket yang digagas Ketua TP-PKK Provinsi Sumsel, yang juga Penasihat Dharma Wanita Persatuan Provinsi Sumsel, Hj Eliza Alex.
Ratusan ibu-ibu yang hadir dalam acara tersebut sempat terpesona melihat pakaian bermotif songket yang diperagakan oleh para peragawati.
Hj Eliza Alex usai acara mengaku sangat mencintai songket. “Saya ingin mensosialisasikan songket ini tidak hanya untuk keperluan-keperluan tertentu –kalau dulu untuk kepentingan adat– tapi bisa dipakai dalam segala kesempatan. Konsep ini pasti melebar, keterkaitannya dengan perajin, kalau banyak peminat  produksi songket makin banyak, juga penghasilan yang didapatperajin akan bertambah,” katanya usai acara halal bi halal TP-PKK Provinsi Sumsel dan Dharma Wanita Persatuan Sumsel di Griya Agung, Selasa (28/7).
Menurutnya, dulu songket terbatas pada kegiatan ritual adat sehingga perajin membuat songketnya tidak banyak. Dengan adanya promosi songket, orang menganggap songket dapat dipakai dalam berbagai kesempatan.

Baca:  Pameran Napi Craft, Songket dan Akik Sumsel Primadona

Sedangkan persiapan untuk memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) menurut istri Gubernur Sumsel H Alex Noerdin ini masih dalam kerangka dasar. “Saya sangat antusias karena yang hadir akan membuka mata, bukan saja seluruh Indonesia namun mengglobal bahwa songket ini bisa dipakai dalam segala kesempatan. Rekor NURI kita inginkan, belum ada untuk songket, yang ada tenun dari Makasar di mana mereka dalam satu busana terdapat kurang lebih 100 macam motif. Kalau kita karena motif dasar kita tidak banyak, barangkali sampai 10 motif saja tapi barangkali pengembangannya yang banyak,” katanya.
Sehingga kalau songket dicampur, jumlahnya menjadi 44 macam motif dengan pengembangan. #osk

x

Jangan Lewatkan

Hujan Makin Sering, Waspadai DBD dan Sarang Nyamuk

Palembang, BP Cuaca yang kurang bersahabat perlu diwaspadai oleh warga Sumatera Selatan. Hingga akhir Desember, curah hujan diperkirakan masih tinggi ...