Home / Pendidikan / Aksioma Akan Dibuka Menteri Agama

Aksioma Akan Dibuka Menteri Agama

Palembang, BP

Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama akan menggelar even bergengsi tingkat siswa berskala nasional, yakni Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) di Palembang, 3-7 Agustus mendatang.

Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Sumsel H. Saefudin, S.Ag, M.Si menjelaskan, ajang Aksioma untuk mendukung kebugaran dan kesehatan siswa madrasah. Berbeda dengan KSM, Kementerian Agama berkeinginan agar siswa bisa menguasai ilmu teknologi.

Oleh karena itulah, lomba yang dipertandingkan pada KSM terkait sejumlah mata pelajaran yang diajarkan di madrasah seperti Matematika, IPA, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi.

Sementara cabang lomba yang dipertandingkan pada Aksioma yakni MTQ, pidato Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, kaligrafi, madrasah singer, tahfiz, hadroh atletik, bulu tangkis dan tenis meja.

“Aksioma dan KSM akan dibuka langsung oleh Menteri Agama di Palembang Sport Convention Center (PSCC) dan akan dihadiri oleh bintang tamu seperti Wali Band, Syubhanul Akhyar, pemenang Q’Academy. Serta Bella Almira, juara Hijab Hunt 2015,” katanya ditemui di ruang kerjanya, Selasa (28/7).

Peserta kedua lomba ini, ia menjelaskan, merupakan utusan dari Kanwil Kemenag di seluruh Indonesia. Tercatat ada 2772 orang yang akan bertanding dalam even ini. Rinciannya 2046 peserta Aksioma dan 726 peserta KSM.

“Pesertanya merupakan siswa MI kelas 4, 5, 6, siswa MTs dan MA. Peserta juga belum pernah meraih medali emas dari lomba sebelumnya, bukan atlet yang berasal dari sekolah binaan Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar dan tidak sedang mengikuti Pelatnas. Karena lomba ini untuk mencari siswa berbakat baik dibidang seni, olahraga maupun teknologi,” ujarnya. O adk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Muhammadiyah Tetapkan Idul Adha 22 Agustus

Palembang, BP Pimpinan Pusat Muhammadiyah akhirnya menetapkan bahwa perayaan Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah jatuh pada hari Rabu 22 ...