Home / Pendidikan / Separuh Cama UIN Raden Fatah Didiskualifikasi

Separuh Cama UIN Raden Fatah Didiskualifikasi

Palembang, BP

Proses penerimaan mahasiswa baru Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang untuk jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) sudah diumumkan pukul 17.00, kemarin. Lewat jalur ini, ada 1684 calon mahasiswa (cama) dari jumlah 1.800 peserta dinyatakan lolos. Hasil evaluasi penerimaan mahasiswa baru untuk tiga jalur seleksi yang sudah dilaksanakan, mahasiswa yang dinyatakan lolos lebih dari 50%tidak melakukan registrasi ulang sehingga dinyatakan gugur.

Seperti jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), jumlah calon mahasiswa yang lolos sebanyak 430 orang, namun hanya 258 peserta melakukan registrasi. Begitu pula dengan jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), hanya 219 orang yang registrasi dari jumlah mahasiswa lolos sebanyak 925 orang.

“Untuk jalur SBMPTN sekarang masih proses registrasi, sehingga jumlahnya belum bisa diketahui,” kata Kepala Pusat Teknologi, Informasi dan Pangkalan Data (PUSTIPAD) UIN Raden Fatah Fahruddin, Mkom, di ruang kerjanya, Senin (27/7).

Malah, kata dia, ada program studi (prodi) di mana hanya satu cama melakukan registrasi ulang, yakni Prodi Perbandingan Agama di Fakultas Ushuluddin dan Politik Islam di Fakultas Syariah. Padahal, kuota untuk kedua prodi ini sebanyak 80 kursi.

“Kuota calon mahasiswa yang tidak registrasi ulang ini kami alihkan ke jalur UM-PTKIN dan ujian mandiri,” ujarnya.

Oleh sebab itu, kuota kedua jalur seleksi tersebut bertambah. Seperti UM-PTKIN dari awalnya sekitar 1200 orang menjadi 1684 calon mahasiswa. Begitu juga dengan ujian mandiri, sebelumnya sekitar 200 orang kini meningkat menjadi 432 orang. O adk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

23.574 Peserta Tak Lolos SNMPTN

Palembang, BP–Setelah menjalani serangkaian tes Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018, sebanyak 23.534 dinyatakan tidak lolos. Dengan demikian ...