Home / Headline / Gubernur Kantungi Lima Nama Penjabat Bupati di Sumsel

Gubernur Kantungi Lima Nama Penjabat Bupati di Sumsel

alex-noerdin-naik-pitam-1

Palembang, BP
Pemerintah Provinsi Sumsel telah menyiapkan nama-nama yang bakal mengisi kekosongan jabatan penjabat bupati/wakil bupati di lima kabupaten yang melaksanakan pilkada di Sumsel. Hal tersebut sesuai dengan masa jabatan yang akan habis masanya pada Agustus hingga September 2015 ini.
Gubernur Sumsel H Alex Noerdin memastikan kelima nama-nama penjabat bupati untuk Musirawas (Mura), Ogan Ilir (OI), OKU, OKU Selatan, OKU Timur yang kesemuanya melaksanakan pilkada tahun ini sudah ada.
“Sudah ada namanya, lah aku tulis dan sudah aku tunjukke ke Sekda, tapi yang jelas dari lima itu yang tidak ada calon dari wartawan, karena harus ada syaratnya, harus eselon II dan sebagainya. Kalau memenuhi persyaratan boleh bae wartawan jadi bupati, lah aku tulis nama-namanya tapi ilang,” canda Gubernur yang disusul tawa hadirin di ruang rapat DPRD Sumsel, Senin (27/7).
Sedangkan Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Sumsel Ikhwanudin mengatakan, pihaknya telah menyerahkan daftar nama pejabat yang memenuhi syarat untuk mengisi kekosongan jabatan penjabat bupati/wakil bupati di lima kabupaten. Seperti Kabupaten OKU, OKUT, OKUS, OI, dan Mura.
“Berkas sudah diantarkan ke Gubernur, ada 30 nama yang diajukan, dan semuanya berpangkat minimal IV B atau eselon II dan harus berpengalaman. Tapi, saya tidak tahu siapa yang bakal terpilih untuk mengisi daerah itu,” katanya di sela-sela rapat paripurna DPRD Sumsel.
Dia menambahkan, Gubernur mempunyai hak untuk menentukan pejabat dari Pemprov Sumsel yang akan mengisi kekosongan jabatan penjabat bupati dibeberapa daerah serta penjabat mempunyai kewajiban untuk menyiapkan terlaksananya pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak pada 9 Desember mendatang.
“Gubernur yang dapat menentukan siapa saja yang akan duduk sebagai penjabat bupati di OKUT, OKU, OKUS, OI, dan Musirawas. Berkas pengajuan penjabat lima daerah itu akan diajukan secara serentak dengan berkas pemberhentian yang disampaikan oleh DPR. Berkas ini, Gubernur yang akan menyampaikannya kepada Mendagri,” katanya.
Berdasarkan informasi yang dihimpun, pejabat yang bakal dipilih Gubernur Sumsel H Alex Noerdin adalah Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Yulizar Dinoto untuk Penjabat Bupati  di Ogan Ilir (OI).
Kepala Biro Kesbang Pol, Richard Cahyadi bakal ditunjuk Gubernur sebagai penjabat Bupati di Kabupaten OKU.
Kabiro Perlengkapan dan Umum Robby Kurniawan diperkirakan menjadi Penjabat Bupati di wilayah OKU Timur.
Sementara untuk Penjabat Bupati Mura ada beberapa pejabat yang berpeluang mendudukinya yakni Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumsel Rozali dan Asisten III Ikhwanudin.
Kemudian untuk penjabat Bupati OKU Selatan ada nama Kepala Badan Pendidikan dan Latihan (Kabandiklat) Musni Wijaya dan Kadishub dan Kominfo Sumsel Nasrun Umar. #osk

x

Jangan Lewatkan

Pilgub Sumsel 2018, Posisi PDIP Dan Golkar Kuat

Palembang, BP Peneliti dari Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Kholil Pasaribu melihat pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan (Sumsel) tahun ...