Home / Headline / Thailand dan Palembang Tata Sungai Musi

Thailand dan Palembang Tata Sungai Musi

Chao Phraya River Bangkok Tourism, Thailand

Pemerintah Kota Bangkok, Thailand akan membicarakan kerja sama dengan Pemerintah Kota Palembang menata wisata Sungai Musi seperti Sungai Chao Phraya, Thailand, Agustus mendatang.
Palembang, BP
Bulan depan Pemerintah Kota Bangkok, Thailand akan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Palembang mewujudkan percepatan kawasan wisata sungai musi. Rencananya penataan sungai musi akan lebih menarik dan tidak kalah dengan Sungai Chao Phraya, Thailand.
Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi Pembangunan dan Investasi Kota Palembang Sudirman Tegoeh mengatakan informasi ini diperoleh dari Duta Besar RI untuk Thailand, M Lutfi Rauf. Walikota Bangkok direncanakan akan datang ke Palembang bulan depan.
“Rencananya bulan depan (Agustus-red) Pemerintah Kota Bangkok akan datang membicarakan tentang penataan Wisata Sungai Musi. Ini mengacu pada kerja sama Pemko Palembang dengan Bangkok untuk percepatan pembangunan wisata Sungai Musi,” kata Sudirman, Minggu (26/7).
Dikatakan Sudirman, Bangkok dan Palembang memiliki karakteristik yang sama yakni kepadatan kota dibelah oleh sungai. Untuk itu dalam proses program kerja Pemerintah Kota dalam membangun kawasan wisata sungai perlu adanya perencanaan yang matang yakni menggandeng pihak yang sudah berpengalaman.
“Chao Phraya itu sudah menjadi brand wisata yang menarik di Kota Bangkok dan sudah memajukan sentra wisata dan ekonomi di sana. Sungai Musi pun nantinya akan dibuat seperti itu dan tentunya akan lebih menarik dan tertata dengan baik,” katanya.
Untuk mendukung konsep dan percepatan pembangunan kawasan sungai ini dijelaskan, Pemko Palembang sudah menggandeng konsultan yang andal di bidangnya dengan membuat sejenis master plan digital animasi yang lebih terintegrasi seperti kawasan Jakabaring. Dengan begitu, konsep dan penataan sungai ini lebih respresentatif.
“Sudah ada konsultan yang akan bekerja sama, nantinya konsultan ini akan memaparkan konsep penataan sungai dari asfek wisata. Titik yang pas untuk sentra kuliner, perhotelan, hingga sektor penunjang lainya sehingga investor lebih cepat melakukan pembangunan dengan perencana yang matang,” katanya.
Pemko Palembang sendiri dikatakan Sudirman, baru menggandeng investor dalam pembangunan perhotelan PT Indonesia Tourism Development Corperatition (ITDC) yang sudah berpengalaman membangun Nusa Dua Bali, sementara investor pengembang lainnya sudah banyak yang tertarik dengan Sungai Musi Palembang.
“Pemko Palembang dalam hal ini sangat optimis dapat mewujudkan wisata sungai ini. Untuk hotel pun saat ini titik lahan masih dalam proses pendekatan, investor sendiri sudah siap membangun jika lahan tersebut dapat selesai,” ujar dia.
Seperti yang pernah dijelaskan Sudirman, hotel 20 lantai menjulang di tepian Sungai Musi akan sangat diupayakan dapat dibangun jelang Asian Games 2018. Dengan dibangunnya hotel ini, akan menjadi saya tarik tersendiri untuk percepatan pembangunan, terutama untuk mewujudkan wisata sungai.
Sementara itu, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Kota Palembang Ridwan mengatakan saat ini tidak terlalu sulit untuk mempromosikan potensi Kota Palembang. Pihaknya sendiri optimis akan banyak investor yang melirik Kota Palembang jelang Asian Games mendatang.
“Di kawasan Gandus saja saat ini sudah akan dibangun kawasan industri, sedangkan Sungai Musi sudah ada ITDC, jika pembangunan cepat terwujud, investor turunan lainnya akan mengikuti perkembangan ekonomi Palembang,” jelas dia.
Dari sisi keuntungan Kota Palembang, jelas Ridwan akan sangat berkontribusi terhadap terget investasi Pemerintah Kota Palembang maupun target Nasional. Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan meningkat tajam baik melalui retribusi, pajak dan lainnya. Bahkan jika banyak pabrik atau pergudangan yang akan dibangun maka sektor ekonomi turunan akan semakin menggeliat, termasuk penyerapan tenaga kerja.
“Apalagi target kawasan ini selesai sebelum Asian Games 2018 ini akan membuat investor lainnya akan sangat tertarik berinvestasi di Kota Palembang. Bahkan kami mendapat bocoran lima dari 10 hotel baru di Kota Palembang ini akan beroperasi tahun ini juga,” kata Ridwan. #ren
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

LCC Sejarah Bentuk Karakter Pemuda Yang Tangguh

Palembang, BP Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kodam II/ Sriwijaya Palembang, menggelar Lomba Cerdas Cermat ...