Home / Palembang / Penyertaan Modal SP2J Ditunda

Penyertaan Modal SP2J Ditunda

Palembang, BP
Defisit anggaran sebesar 20 persen yang terjadi pada kas anggaran Pemerintah Kota (Pemko) Palembang membuat kucuran penyertaan modal untuk salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yaitu PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J) ditunda.
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) M Zulfan mengatakan, pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2015 tidak ada penambahan dana penyertaan modal ke SP2J. Bahkan, untuk APBD perubahan juga tidak akan ada penambahan modal termasuk Bus Rapid Transit (BRT) Transmusi tersebut.
Zulfan mengatakan, belum adanya dana penambahan penyertaan modal untuk SP2J karena saat ini tidak dapat sembarangan mengucurkan anggaran, sebab adanya pemotongan anggaran, akibat defisit anggaran yang terjadi pada Pemko Palembang.
“Jika tahun lalu kita rutin melakukan dana penyertaan modal ke SP2J, tahun ini tidak kita kucurkan karena Pemko harus memberikan kucuran dana yang sesuai dengan rencana kerja Pemkot Palembang,” katanya.
Zulfan mengatakan akan berusaha menutupi kekurangan tersebut dari penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD). SKPD diminta untuk meningkatkan PAD, agar defisit yang terjadi dapat ditutupi. Tapi, pada kenyataannya, mau tidak mau harus ada pemangkasan.
Tidak diberikannya tambahan dana penyertaan modal pada APBD perubahan untuk SP2J sambung Zulfan, karena kondisi SP2J yang hingga saat ini, belum dapat memberikan PAD untuk Pemko Palembang.
“Jika SP2J sudah mampu memberikan keuntungan untuk PAD Kota Palembang, mungkin Pemko akan memikirkan untuk alokasi khusus terhadap tambahan penyertaan modal, yang kita lakukan pada Bank Sumsel Babel,” imbuhnya.
Dijelaskan juga akibat adanya defisit, beberapa pekerjaan Pemko harus terhenti. Saat ini, Pemko Palembang mengalami defisit anggaran dengan besaran yang mencapai Rp250 miliar.
“Hal ini tidak terjadi pada Kota Palembang saja, beberapa daerah lain di Indonesia, juga mengalami defisit anggaran. Mudah-mudahan, defisit ini tidak berlarut-larut,” tukas dia. #ren
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Komisi V DPR RI Motivasi Bandara SMB II Jadi Bandara Transit

Palembang, BP — Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II direkomendasikan menjadi bandara transit seperti layaknya Bandara Changi, Singapura. Hal ini ...