Home / Headline / Alunan Gambus dan Wanita Menenun Songket di Bandara

Alunan Gambus dan Wanita Menenun Songket di Bandara

4

Palembang, BP
Masih dalam suasana mudik lebaran, bandara menjadi semarak dengan kehadiran grup musik Mozaik Gambus yang tampil diatas panggung berupa rumah tradisional Sumsel, Rumah Limas, Sabtu (25/7).

Ini merupakan kali keduanya ada pertunjukan kesenian di bandara dan menghibur para pengunjung bandara. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel sengaja bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang untuk memperkenalkan seni budaya Sumsel di bandara yang menjadi gerbang masuk para wisatawan dan investor luar ke Sumsel.

Baca:  Tunda Launching Songket WBTB Hingga Cuaca Membaik

Plt Kepala Disbudpar Sumsel Irene Camelyn Sinaga mengatakan,  pertunjukan ini akan digelar setiap minggunya dan akan menampilkan seni budaya Sumsel yang berbeda. Sebelumnya, pihaknya pernah menggelar seni budaya juga di bandara dua bulan lalu dengan pertunjukan seni Batanghari Sembilan.

“Namun tempo hari tersebut baru sekedar percobaan jadi belum rutin Yang sekarang ini kita sudah mengevaluasi dan menambahkan yang kurang-kurangnya,” tuturnya.

Baca:  Songket Rasa Ulos Ada di Pameran UKM Songket

Ia pun mengajak kepada komunitas seni yang ingin melakukan pertunjukan bisa mendatangi Disbudpar Sumsel bila ingin berkontribusi dalam program ini. “Bisa disesuaikan nanti jadwalnya bila ingin ikut tampil,” imbuhnya.

Selain pertunjukan seni, juga ada perajin songket yang menenun di sana. Triyana, wanita perajin songket itu sedang menenun songket Limar di samping para pemusik. Di belakang wanita berjilbab ini terbentang songket Cantik Manis berwarna merah marun dan ungu bergaris perak. Ia diboyong Disbudpar Sumsel ke bandara khusus untuk menunjukkan proses penenunan songket asli Sumsel. #idz

x

Jangan Lewatkan

12 Teroris Berencana Serang Kantor Polisi di Sumsel

Palembang, BP–Sebanyak 12 terduga teroris yang ditangkap tim Densus 88 Antiteror pada Minggu (10/12) lalu masih menjalani pemeriksaan di Mako ...