Home / Hukum / Remisi Dasawarsa Kurangi Penghuni Rutan

Remisi Dasawarsa Kurangi Penghuni Rutan

Palembang, BP

Pemberian remisi dasawarsa yang diperoleh nara pidana tiap 10 tahun sekali pada peringatan Hari Kemerdekaan RI, disinyalir dapat membantu mengurangi isi Rumah Tahanan (Rutan) yang kini sudah over kapasitas.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Sumsel, Subiyantoro menjelaskan tahun ini, selain akan memperoleh remisi (pengurangan hukuman) peringatan hari kemerdekaan. Warga binaan juga akan mendapatkan remisi dasawarsa.

“Sehingga akan banyak nara pidana yang dapat langsung bebas setelah memperoleh dua remisi tersebut dan hal itu berdampak pada berkurangnya warga binaan yang menempati sel tahanan terutama di Rutan Pakjo dan Merah Mata saat ini,” jelasnya.

Sebab menurutnya untuk Rutan Pakjo yang hanya berkapasitas 500 orang, kini sudah ditempati lebih dari 1.300 warga binaan dan begitu juga dengan Lapas Klas 1 Merah Mata yang berkapasitas 750 orang, telah ditempati lebih dari 1.200 warga binaan.

“Selain itu dengan adanya remisi dasawarsa seperti ini, para warga binaan akan menjaga situasi tetap kondusif dan lebih menaati peraturan. Karena bila melakukan kesalahan atau terjadi keributan, hak remisi akan dicabut,” tegasnya.

Subiyantoro mengatakan untuk remisi dasawarsa akan diperoleh setiap warga binaan yang sudah berstatus nara pidana atau persoalan hukum yang dihadapi sudah inkrah (memiliki kekuatan hukum tetap) serta berkelakuan baik selama menjalani masa pidana.

“Setiap nara pidana yang mendapat remisi dasawarsa, termasuk nara pidana dalam perkara tindak pidana korupsi masa hukuman akan dikurangi selama 1/12 dari masa pidana yang dijalani,” katanya.

Dia melanjutkan berbeda dengan remisi umum, dalam hal ini pengurangan hukuman peringatan HUT RI, karena hanya diperoleh napi dari tindak pidana umum. Sedangkan napi perkara korupsi tetap diatur Kemenkumham Pusat.

“Serta selain syarat minimal enam bulan telah menjalani pidana, masa pengurangan hukuman juga bervariasi, seperti bila pertama kali mendapat di tahun itu, maka akan dapat satu bulan dan seterusnya, maksimal enam bulan,” jelasnya.

Namun untuk jumlah nara pidana yang akan mendapat remisi, dirinya belum bisa memaparkan, sebab saat ini pihaknya masih melakukan penghitungan secara manual. Meskipun pengajuan dari 20 UPT yang sudah diterima.

#ris

x

Jangan Lewatkan

4 ABG Terlibat Aksi Begal, Modus-pura-pura Jadi Korban

Palembang, BP–Dengan modal parang dan kayu, empat remaja di bawah umur melakukan perampasan sepeda motor dan ponsel dengan modus pura-pura ...