Home / Headline / Ditemukan 18 Titik Api di Kabupaten Muba

Ditemukan 18 Titik Api di Kabupaten Muba

1

Sekayu, BP
Hasil dari pantauan titik api melalui udara di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ditemukan 18 titik api, beberapa di antaranya berada di Kecamatan Bayung Lencir, Sungai Keruh, Babat Toman, serta Lalan, dan terbanyak ditemukan di daerah Muara Medak, Kecamatan Bayung Lencir.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Muba Beni Hernedi di pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate Muba, Jumat (24/7), setelah kembali dari memantau titik api melalui helikopter bersama Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Provinsi Sumsel Sigit Wibowo, Kapolres Muba AKBP M Ridwan, SIk, dan Dandim 0401 Muba Letnan Kolonel Inf Ignatius Wiwoho.

“Pemantauan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Muba ini dilakukan setelah mendapat informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Satelit Tera dan Aqua bahwa banyak ditemukan titik api di Kabupaten Muba yang akan membuat sejumlah lahan akan terbakar,” ujar Beni.

Status 18 titik api yang ditemukan sudah masuk status tanggap darurat namun belum memasuki status tanggap darurat Nasional.

“Pemantauan ini langkah awal yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Muba dan segenap unsur yang terkait dan selanjutnya akan mengkoordinasikan lagi langkah-langkah yang perlu untuk menanggapi status tanggap darurat, sehingga  tidak terjadi kebakaran lahan yang meluas,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga Kapolres Muba AKBP M Ridwan, Sik mengimbau  masyarakat untuk tidak membuka lahan secara membakar, karena Kapolda Sumsel telah memberi maklumat berupa larangan pembakaran hutan, lahan dan ilalang ataupun semak belukar.

“Jika itu masih dilakukan masyarakat, pemerintah dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) terkait akan menindak tegas para pelaku pembakaran lahan tersebut,” ungkap Kapolres Muba. #arf

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Cawagub Selingkuh Tak Layak Dipilih

Jakarta, BP–Masyarakat Sumatera Selatan diharapkan lebih cerdas dalam memilih pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Di antaranya, dengan tidak memilih ...