Home / Headline / Arus Balik di Sumsel Berakhir

Arus Balik di Sumsel Berakhir

wakapolda-sumsel-brigjen-pol-syaiful-zahri

Palembang, BP
Wakapolda Sumatera Selatan Brigjen Pol Drs Syaiful Zachri, MM memastikan arus balik Idul Fitri 1436 H di Sumsel sudah berakhir.

“Karena sudah mulai kembali, aparat pemerintah sudah masuk kerja, tinggal menunggu anak-anak sekolah,” kata Syaiful, Kamis (23/7).

Selama ini pelaksanaan pengamanan arus mudik Idul Fitri berlangsung lancar. “Berdasarkan evaluasi selama seminggu lebaran, untuk gangguan kamtibmas dan lakalantas agak menurun dan kriminalitas juga menurun,” kata Syaiful.
Mengenai meningkatnya jumlah warga saat arus balik ke dari luar Sumsel, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang Ali Subri menilai membawa sanak keluarga usai pulang kampung, biasa terjadi. Apalagi di era otonomi daerah dan peningkatan pembangunan, Palembang kian menjadi daya tarik bagi pencari kerja.
“Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pendatang baru terus bertambah. Yang melapor seperti tahun lalu berkisar 10.000-an lebih, dan kami prediksi angka tersebut akan bertambah,” katanya.
Ali menambahkan, warga pendatang yang akan datang usai lebaran ini, umumnya untuk mencari pekerjaan, sekolah, maupun yang ikut keluarga di Palembang. “Menggeliatnya pembangunan di Kota Palembang dan bertambahnya kantor-kantor perusahaan, menjadi daya tarik bagi yang ingin mengadukan nasibnya,” katanya.
Terus bertambahnya warga pendatang, tidak bisa dilarang. Namun, harus ada laporan kepada RT/RW di tempat tinggalnya. Disdukcapil sendiri akan melakukan pendataan, karena pendatang baru ini bersifat musiman.
“Para pendatang diminta lapor kepada RT/RW setempat 3 x 24 Jam. Dan, kami minta peran serta kecamatan dan kelurahan dapat mensosialisasikan kepada warga pendatang,” katanya. #osk

x

Jangan Lewatkan

Program 10 Ribu Kartu BPJS, Walikota Pangkalpinang Kembali Raih Penghargaan

# Untuk Ketiga Kalinya Palembang, BP Upaya untuk meningkatkan tarap hidup masyarakat kota Pangkalpinang melalui berbagai program salah satunya program ...