Home / Pendidikan / Program K-13 Tetap Berjalan

Program K-13 Tetap Berjalan

Palembang, BP

Pelaksanaan Kurikulum 2013 (K-13) terus berjalan. Meskipun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah melakukan pemberhentian terbatas implementasi K-13 bagi sekolah pilot project. Sementara bagi sekolah percontohan tetap harus konsisten mengimbaskan pemahaman K-13 kepada peserta didik di masing-masing sekolah.

Seiring perjalanannya, implementasi K-13 masih menemukan kendala terutama pada proses penilaian rapor. Pasalnya, sebagian guru masih kesulitan melakukan penilaian. Selain itu, metode penilaian deskripsi membuat guru bingung dan tidak menguasai secara utuh teknis penilaian.

Hal ini diakui Kasi Kurikulum TK/SD Disdikpora Palembang Drs A Haris Basid, MSi. Ia mengatakan, saat ini ada 32 sekolah negeri dan swasta di Palembang yang menjadi pilot project implementasi K-13, sebagian guru di 32 sekolah tersebut masih menemukan sejumlah persoalan di lapangan.

“Sebagian guru masih sulit mengisi penilaian rapor K-13, ini masih dimaklumi karena hal tersebut juga dialami di seluruh Indonesia. Selain itu, persoalan ini akan menjadi fokus kami ke depan untuk menuntaskan kesulitan guru di lapangan saat menerapkan K-13,” ungkap Haris Basid, Rabu (22/7).

Selain itu, persoalan lainnya yang dialami guru pengimbas K-13 yaitu pembuatan portofolio dan laporan penerapan K-13 di masing-masing sekolah.

“Oleh sebab itu, pelatihan K-13 akan terus digelar supaya penulisan laporan bisa maksimal,” kata Haris. O adk

 

 

x

Jangan Lewatkan

Lagi, Diksar Mahasiswa Memakan Korban

Palembang, BP– Musibah meninggalnya mahasiswa di Palembang akibat mengikuti Pendidikan Dasar (Diksar) kembali terjadi. Kali ini, menimpa Haris Faudy mahasiswa ...