Home / Headline / Sumsel Raup Investasi Rp9 T di Semester I

Sumsel Raup Investasi Rp9 T di Semester I

0905.13.foto 01.nor

Palembang, BP
Realisasi investasi yang masuk ke Sumsel sepanjang semester I tahun 2015 mencapai Rp9,26 triliun. Berdasarkan data yang dimiliki oleh Badan Promosi dan Perizinan Penanaman Modal (BP3MD) Sumsel, jumlah tersebut telah mencapai 49 persen dari target akhir tahun ini yang sebesar Rp19 triliun.

Kepala BP3MD Sumsel Maulan Aklil mengatakan, dari realisasi tersebut sebanyak 79 persen berasal dari penanaman modal asing (PMA). Sebanyak 21 persen sisanya merupakan hasil dari penanaman modal dalam negeri (PMDN).

“Jadi sebanyak Rp7,29 triliun investasi yang masuk ke Sumsel berasal dari 82 perusahaan PMA. Sementara sisanya, yakni Rp1,97 triliun berasal dari 39 perusahaan PMDN,” katanya saat ditemui di kantornya.

Maulan mengungkapkan, realisasi investasi yang masuk tersebut sebagian besar menyasar sektor usaha yang menjadi penopang utama ekonomi Sumsel. Seperti sektor pertambangan, perkebunan khususnya kelapa sawit, dan industri pengolahan atau hilirisasi.

Realisasi investasi yang masuk tersebut, Maulan mengakui, sejalan dengan roadmap Sumsel yakni meningkatkan ekspor melalui produk-produk bernilai tambah dan mengurangi ketergantungan akan ekspor komoditas dalam bentuk mentah.

“Perekonomian Sumsel memang didongkrak dari komoditas. Ketika harga komoditas seperti karet jatuh, ekonomi Sumsel juga ikut terpuruk. Oleh karena itu, hilirisasi menjadi penting karena mampu mengerek harga jual komoditi kedepannya,” tuturnya. #idz

x

Jangan Lewatkan

Sumsel Siaga Musim Hujan

Palembang, BP Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan (Sumsel), gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Siaga Banjir dan Tanah Longsor tahun ...