Home / Sumsel / Pendaftaran Diperpanjang, Pilkada Terancam Ditunda

Pendaftaran Diperpanjang, Pilkada Terancam Ditunda

Palembang, BP
Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 12/2015 tentang Perubahan atas PKPU No. 9/2015 tentang  Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil, Bupati dan Wakil dan Walikota dan wakil memberi peluang untuk perpanjangan masa pendaftaran selama tiga hari.
Ketentuan itu berlaku bila sampai batas akhir masa pendaftaran, Selasa (28/7), hanya satu pasangan calon yang mendaftar atau tidak ada pasangan calon sama sekali yang mendaftar. Hal itu disampaikan Komisioner Divisi Hukum  KPU  Provinsi Sumatera Selatan Ahmad Naafi kepada wartawan, Selasa  (21/7).

        “Kami mencoba mengkritisi PKPU yang baru tentang  pencalonan. Selain ketentuan masa pendaftaran yang diperpanjang selama tiga hari, juga ada ketentuan baru terutama untuk PNS dan anggota DPRD, DPR, dan DPD dan  ketentuan pengunduran diri,” kata naafi.
Munculnya ketentuan baru itu, kata Naafi, sebagai tindak lanjut atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK).  Lebih  jauh dijelaskannya bahwa  PKPU 12/2015 yang baru saja diterbitkan pada 16 Juli 2015 itu menyebutkan jika calon kepala daerah tetap hanya satu (calon tunggal) setelah perpanjangan pendaftaran tiga hari, maka seluruh tahapan dihentikan dan ditunda pada pilkada serentak berikutnya pada 2017 mendatang. #osk
x

Jangan Lewatkan

Pengembang Indonesia Ramaikan Pasar Propeti di Sumsel

Palembang, BP Prospek pasar propeti di Sumatera Selatan semakin menarik. Sebab Pengembang Indonesia (PI) siap turut meramaikan pasar properti di ...