Home / Sumsel / Lebaran, Penyelenggara PilkadaTetap Lakukan Pendataan Pemilih

Lebaran, Penyelenggara PilkadaTetap Lakukan Pendataan Pemilih

ketua-kpu-sumsel-h-aspahani-kiri_20150507_145249

Palembang, BP
Walaupun Idul Fitri , penyelanggara pilkada di tujuh kabupaten yang akan melaksanakan pilkada di Sumsel tetap melaksanakan tahapan pilkada saat ini yang sedang berlangsung.
“Untuk saat ini tetap jalan terkait tugas Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) jalan terus walaupun sedang lebaran, karena KPU  lebih mementingkan tugas hari kalender. Jadi walaupun libur, hal-hal yang memang sangat penting dan mendesak untuk menyelesaikan tahapan jangan sampai terhambat,” kata Ketua KPU Sumsel Aspahani, Minggu (19/7).
Saat ini, menurut Aspahani, terus dilakukan pemutahiran data pemilih di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dilaksanakan coklit oleh PPDP dari 15 Juli sampai 19 Agustus.
“PPDP mendatangi masing-masing pemilih ke rumah mereka kemudian melakukan pengecekan jumlah data yang ada di rumah setelah di data nanti  ada stiker  ditempel di  dinding depan pintu rumah kayak sensus gitu di coklit namanya,” katanya.
Kemudian tanggal 20 Agustus sampai  26 Agustus penyusunan daftar pemilih hasil pemutahiran.
” Dan tanggal 27 Agustus  sampai 29 Agustus  rekapitulasi tingkat desa/kelurahan  dan penyampaiannya ke PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan untuk rekap di Kecamatan dilakukan  tanggal 30 Agustus sampai 31 Agustus  dan ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS)  tanggal 1 September  sampai 2 September 2015,” katanya.
Sedangkan  Heny Susantih, Komisioner KPU Sumsel divisi Humas mengatakan saat ini tujuh kabupaten yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah semuanya sedang melakukan Coklit dengan baik, Kabupaten yang di maksud yaitu Kabupaten Ogan Ilir (OI) , Penukal Abab Lematang ilir (Pali), Ogan Komering Ulu (OKU),OKU Selatan, OKU Timur, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara (Muratara).
“Persiapan sudah dilakukan antara lain, membentuk Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), mempersiapkan berbagai dokumen dan formulir coklit,  melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi PPK,PPS dan PPDP, melakukan sosialisasi pemutakhiran data di tingkat kecamatan dan di tingkat desa dengan melibatkan pihak terkait,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pilpres, PBB Masih Netral, PAN-Hanura Solid Dukung 1 dan 2

Palembang, BP Ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kota Palembang, Chandra Darmawan mengaku, hingga saat ini, PBB belum tentukan arah ...