Home / Headline / PDIP Sumsel Berharap Pendamping Harnojoyo dari PDIP

PDIP Sumsel Berharap Pendamping Harnojoyo dari PDIP

 IMG-20150717-01931
Palembang, BP
Ketua DPRD Sumsel yang juga Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Sumatera Selatan HM Giri Ramandha N Kiemas menyikapi in krach berdasarkan pengadilan tinggi Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Jakarta atas kasus dugaan suap dalam Pilkada Palembang dengan tersangka Walikota Palembang Romi Herton dan istrinya Masyitoh pihaknya masih menunggu.
“Kalau surat in krach itu disampaikan ke Pemprov Sumsel dan Pemprov Sumsel akan membuat surat pemberhentian diusulkan ke Mendagri, ya kita menunggu. Begitu SK Kemendagri mengenai pengangkatan Harnojoyo turun, baru kita mengajukan ke DPP PDIP nama calon wakil walikota Palembang. Kita lihat kalau 4 Agustus ini sudah ada maka dua minggu dari situ kita sudah konsolidasikan ke DPP PDIP,” kata Giri di kediaman dinasnya, Sabtu (18/7).
Pihaknya berharap yang mendampingi Harnojoyo sebagai Wakil Walikota Palembang dari internal PDIP, namun siapa pun yang berminat dipersilakan mendaftar ke DPD PDIP Sumsel.
“Secara teknis Harnojoyo harus dilantik dulu sebagai Walikota Palembang, baru bisa ada pengisian jabatan yang kosong, Nanti partai-partai pengusung pasangan Romi-Harnojoyo bisa mengirimkan nama-namanya ke Harnojoyo, kemudian Harnojoyo sebagai walikota memilih dari sekian nama yang masuk mungkin hanya dua nama yang akan diusulkan ke DPRD Palembang, ” katanya.
Giri mengaku pihaknya membicarakan beberapa kali terkait permasalahan tersebut namun pihaknya masih menunggu usulan nama dari DPP PDIP siapa nama Wakil Walikota Palembang tersebut.
“Kalau bicara etika politik dan fatsun politik ya seyogianya memang wakilnya dari PDIP. Tapi namanya politik kita tidak bisa memastikan karena ada dinamika-dinamika lainnya. Bicara etika politik, Pak Harnojoyo melihat posisi kami dan mengusulkan dua nama ke DPRD Palembang,” katanya.
Giri juga mengaku pihaknya terbuka untuk menampung PDIP yang maju sebagai wakil walikota Palembang mendampingi Harnojoyo nanti akan diuji kembali oleh DPP PDIP.
“Semua berpeluang dan memiliki kesempatan yang sama,” katanya. #osk

x

Jangan Lewatkan

Dana Bantuan 11 Parpol Di Sumsel Tahun 2017 Capai Rp 2.030.811.552

Palembang, BP Hingga saat ini Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumsel belum menerima secara resmi petunjuk pelaksanaan (juklak) ...