Home / Hukum / Selama Ramadhan, Curanmor dan Penganiyaan Meningkat

Selama Ramadhan, Curanmor dan Penganiyaan Meningkat

kapolda-sumsel-irjen-pol-iza-fadri-iza223221_20150710_173740

Palembang, BP
Catatan Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) selama berjalannya bulan suci Ramadhan, angka kriminalitas di wilayah Sumsel  memprihatinkan. Pasalnya, berdasarkan data yang diterima Polda Sumsel, kenaikan tindak kriminalitas sudah tembus 100 persen.
Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Iza Fadri mengatakan, kriminalitas yang meningkat tersebut berupa aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan penganiayaan.
Peningkatan itu sendiri, sebut Iza, disebabkan kebutuhan yang mendesak dari masyarakat menjelang lebaran.
“Kecenderungan peningkatan kriminalitas di Sumsel ini dikarenakan mendekati hari raya. Dibandingkan tahun lalu, angka kriminalitas saat Ramadhan tembus 100 persen,” kata Kapolda Sumsel saat memantau langsung pos pengamanan Air Mancur di Palembang, Kamis (16/7) malam.
Menurut Iza, peningkatan kriminalitas tersebut terjadi di Kota  Palembang dan Lubuklinggau.
“Di dua wilayah tersebut, perekonomiannya sedang mengalami penurunan. Sehingga menyebabkan kriminalitas meningkat,” ujarnya.
Selain itu, angka kecelakaan di wilayah Sumsel mengalami kenaikan sedikit, yakni 1,7 persen.
Menurut Kapolda, kecelakan yang terjadi di Sumsel berada di wilayah Kota Lahat pada dua hari lalu yang menyebabkan empat orang penumpangnya meninggal dunia.
Menurut Iza, kecelakaan tersebut disebabkan wilayah lintas timur merupakan titik lelah, sehingga para pengendara yang melintas di jalur tersebut diimbau untuk tetap waspada.
“Kalau angka kecelakaan rawan di Sumsel berada di wilayah lintas timur, karena wilayah tersebut merupakan rest area. Pada dua hari kemarin empat orang meninggal kecelakaan bus dari Bandung menuju palembang,” katanya.
Untuk mengantisipasi kejadian tersebut terulang pada arus balik nanti, pihak Direktorat Lalulintas Polda Sumsel melakukan sistem perpindahan pos.
“Yang tadinya pos pengamanan ada di jalur kiri, akan dipindahkan ke kanan. Semoga dengan sistem perpindahan pos akan meminimalisir kejadian kecelakaan,” kata jenderal bintang dua ini. #osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Stres Pasca Gagal Menikah, Bunuh Adik Kandung

Palembang, BP--Diduga stres karena gagal menikah, Zaki (27) tega menghabisi nyawa adik kandungnya, Iqbal (22) saat tidur, Selasa (14/8).        ...