Home / Headline / I Syawal 1436 H Jatuh 17 Juli, di Palembang Hilal Tidak Terlihat

I Syawal 1436 H Jatuh 17 Juli, di Palembang Hilal Tidak Terlihat

IMG-20150716-01916

Palembang, BP
Umat Islam di Indonesia, terutama di Provinsi Sumatera Selatan, dipastikan akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1436 H pada hari Jumat (17/7).
Hal tersebut berdasarkan perhitungan Badan Hisab dan Rukyat  Provinsi Sumsel.
Menurut Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumsel Drs H Hambali, Msi, pukul 18.06.43, 96  saat matahari terbenam di Palembang ketinggian hilal hakiki diatas ufuk (horizon) 3 derajat 4 menit. 1,6 detik sedangkan ketinggian mar’I nya 2 derajat 54 menit 31,83 detik.
Kemudian arah (azimuth) matahari terbenam 21 derajat 20 menit 46,62 detik dari titik barat kearah utara dan hilal terbenam di 16 derajat 13 menit 9,83 detik juga dari titk barat kearah utara.
“Menurut hisab lama hilal seharusnya dapat dilihat selama 11 menit 38,12 detik namun karena saat matahari terbenam tadi hingga terbenamnya hilal pada pukul 18.18.22,8 detik keadaan cuaca di Palembang saat ini kurang mendukung untuk merukyat hilal karena tertutup awan, maka hilal tidak bisa di rukyat, Insya allah ditempat observasi yang lain hilal bisa di rukyat,” katanya usai melakukan pemantauan hilal di puncak hotel Aryaduta Palembang dengan menggunakan teleskop, Kamis (16/7).
Selain itu menurut Hambali kalau ada tempat observasi yang bisa melihat hilal pada sore ini menurutnya maka besok atau  Jumat (17/7) sudah masuk hari Idul Fitri.
“Hasil kita merukyat hilal petang ini langsing kita laporkan ke Menteri Agama Cq Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama RI di Jakarta untuk menjadi bahan penetapan tanggal 1 Syawal 1436 H melalui sidang Itsbat,” katanya.
Oleh karena itu menurutnya penetapan tanggal 1 Syawal yang ada kaitannya. Dengan mengakhiri puasa Ramadhan tahun 1436 H tetap menunggu hasil sidang itsbat petang ini.
Dalam kesempatan tersebut Hambali dan dan pihak terkait melakukan pemantauan hilal di puncak hotel Aryaduta Palembang dengan menggunakan teleskop. #osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Jokowi Akan Nonton Dayung Di JSC

Palembang, BP Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin memastikan kalau Presiden Indonesia , Joko Widodo (Jokowi) segera akan berkunjung ...