Home / Headline / H-2 Lebaran, Telkomsel Kembali Nyatakan Kesiapan Jaringan

H-2 Lebaran, Telkomsel Kembali Nyatakan Kesiapan Jaringan

 JaringanH-2(2)

Palembang, BP

Telkomsel kembali menyatakan kesiapan jaringannya di dalam menghadapi lonjakan trafik mendekati puncak masa Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2015.  Sebelumnya Telkomsel telah melakukan optimalisasi seluruh elemen jaringan dan penambahan kapasitas yang lebih besar. Hal ini meliputi upgrading kapasitas core network VLR (Visitor Location Register), SMSC (Short Message Service Center), MMSC (Multimedia Message Service Center), HLR (Home Location Register).

 

Kapasitas VLR di tahun ini ditingkatkan menjadi 218 juta, sedangkan HLR sebesar 330 juta subscribers. Kapasitas SMS yang disiapkan sebesar  106.493 SMS/detik dengan kapasitas volume trafik 2,39 milyar SMS dan untuk kapasitas MMS menjadi 200 MMS per detik atau setara dengan 4,32 juta MMS per hari.

 

Untuk kapasitas layanan data,  jaringan Telkomsel telah memiliki lebih dari 97.000 BTS (Base Transceiver Station), baik 2G, 3G dan 4G dimana sebanyak lebih dari 50% diantaranya merupakan BTS 3G (Node-B) ditambah dengan 1.110 BTS 4G (eNode-B), yang mampu melayani bandwidth internet sebesar 427 Gbps (Giga bit per second).

 

Khusus untuk momen RAFI  tahun ini, dalam upaya menjaga kualitas jaringan, Telkomsel membangun 59 BTS baru, upgrade 806 BTS & 63 BSC/RNC, serta menyiagakan 62 COMBAT (Compact Mobile Base Transceiver) di tempat-tempat keramaian dengan arus komunikasi yang padat.

 

Telkomsel mengidentifikasi sebanyak 781 titik layanan PREMIUM (Public Service, Religion Areas, Mall & Indoor Center, Uniqueness Areas, dan Massive Areas) yang meliputi bandara, stasiun kereta api, tempat ibadah, mall tempat wisata dan pusat keramaian dimana di titik-titik tersebut Telkomsel akan berupaya untuk memaksimalkan layanan yang diberikan, khususnya layanan data.

 

Tidak hanya itu, untuk memastikan pelanggan mendapatkan akses pelayanan dengan mudah, Telkomsel pun siap dengan layanan siaga dengan menggelar 128 GraPARI dan 392 Mobile GraPARI, 267 branch office, dan 5 Call Center dengan pelayanan 24 jam 7 hari seminggu, serta pelayanan di channel digital baik akun Facebook atau Twitter.

 

Adapun pemantauan trafik dan pemeliharaan kinerja perangkat secara ketat selama masa puncak RAFI  dilakukan sepanjang 24 jam secara terpusat melalui Telkomsel Network Operation Centre (NOC) di Jakarta yang mampu melakukan fungsi monitoring secara real time sehingga segala permasalahan yang muncul dapat segera diatasi guna menjamin kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi.

 

Telkomsel juga telah melakukan ‘Network Drive Test’ atau  uji coba jaringan sepanjang 10.000 km di berbagai jalur mudik utama di Indonesia yang meliputi jalur darat, jalur laut  dan berbagai lokasi wisata untuk memastikan pelanggan agar dapat tetap berkomunikasi dengan nyaman sekalipun terjadi lonjakan trafik komunikasi di momen ramadhan dan idul fitri. #rel

 

x

Jangan Lewatkan

12 Teroris Berencana Serang Kantor Polisi di Sumsel

Palembang, BP–Sebanyak 12 terduga teroris yang ditangkap tim Densus 88 Antiteror pada Minggu (10/12) lalu masih menjalani pemeriksaan di Mako ...