Home / Headline / Provinsi Sumsel Paling Siap Atasi Kebakaran Lahan

Provinsi Sumsel Paling Siap Atasi Kebakaran Lahan

IMG-20150713-01860

  • Bantah Komplain RiauPalembang, BP

    Kepala UPTD Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL) Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel H Achmad Taufik SH MH mengatakan, dibandingkan provinsi lain, Provinsi Sumsel paling siap mengatasi bahaya kebakaran lahan.
    “Kebakaran lahan di Sumsel mulai marak Agustus-September, namun Sumsel sudah siaga sebelumnya, ini mengubah paradigma kita yang lama, yang baru siaga saat kejadian,” katanya di ruang kerjanya, Senin (13/7).
    Dia membantah tudingan dan komplain Riau yang mengatakan asap kebakaran lahan  dari Sumsel. “Kita ada teknologi langsung keluar tahu asapnya dari mana. Hari ini kita nol tapi Riau 14 titik hotspot, itu melalui satelit dan bisa di pantau,” katanya.
    Menurutnya, asap lebih banyak di Riau dan Jambi dan arah angin menuju ke negara Malaysia.
    Selain itu pihaknya semenjak Jumat lalu sampai sekarang terus melakukan water booming sehari dua kali terbang di Muba, OKI, dan OI, namun sekarang fokus di OKI dan OI.
    Sedangkan hujan buatan hanya di OI karena banyak daerah gambut.
    “Yang penting hujan, apakah buatan atau tidak alam, apakah ada korelasi dengan hujan kemarin hotspot mulai turun dan udara segar, dari tadinya 35 derajat celsius keatas sekarang agak cerah, asap belum ada seperti di Riau dan Jambi,” katanya.
    Sedangkan hotspot di Sumsel mulai tanggal 10, 11, 12, 22 Juli dalam posisi nol.
    “Tanggal 8 Juli ada satu hot spot, tanggal 9 Juli ada tujuh titik hot,” katanya.
    Diakuinya kalau dibandingkan OKI dan OI, Kabupaten Muba yang paling sulit memadamkan apinya karena selalu ada penolakan oleh warga saat petugas akan memadamkam api.
    Namun pihaknya terus melakukan upaya pemadaman hotspot di Muba tersebut.
    “Kita selalu siaga dan setiap hari rapat dengan BPPD Sumsel untuk menanggulangi hotspot dan bahaya asap ini,” katanya. #osk

x

Jangan Lewatkan

Program 10 Ribu Kartu BPJS, Walikota Pangkalpinang Kembali Raih Penghargaan

# Untuk Ketiga Kalinya Palembang, BP Upaya untuk meningkatkan tarap hidup masyarakat kota Pangkalpinang melalui berbagai program salah satunya program ...