Home / Headline / BPJS Harus Perbaiki Mekanisme

BPJS Harus Perbaiki Mekanisme

1407.14.foto-02.norPalembang, BP

Program jaminan kesehatan masyarakat melalui BPJS Kesehatan yang merupakan program pemerintah pusat, hingga kini masih banyak dikeluhkan masyarakat.

Anggota Komisi V DPRD Sumsel Rizal Kenedi mengatakan, Komisi V banyak menampung saran dan akan disampaikan ke pusat.
“Komisi V yang menangani masalah jaminan kesehatan ini, sering mendapatkan keluhan dari masyarakat karena pelayanan terhadap peserta BPJS tidak sesuai yang diharapkan pemerintah dan masyarakat ,” ujar politisi PPP ini, Senin (13/7).

Ia mengatakan, pihaknya akan terus mengkoordinasikan semua keluhan kepada BPJS pusat di Jakarta. “Program ini sebenarnya cukup bagus untuk jaminan kesehatan masyarakat, hanya untuk birokrasinya agak rumit, khususnya pelayanan bagi peserta yang langsung mau ditangani di rumah sakit masih banyak dikeluhkan, kecuali pasien tersebut emergency itu baru cepat ditangani,” kata Rizal.

Dijelaskan Rizal, dari keterangan petugas BPJS Sumsel beberapa hari lalu, membludaknya pasien di rumah sakit karena masyarakat atau keluarga yang ingin berobat langsung meminta rujukan dari klinik yang sudah dipilih peserta.

Menurut petugas BPJS, seharusnya tahapan proses penggunaan jaminan BPJS ini masyarakat diharuskan terlebih dahulu berobat ke klinik, puskesmas, ataupun dokter keluarga.

Jika klinik tersebut menilai tidak mampu menangani pasien tersebut barulah dirujuk ke rumah sakit. Membludaknya pasien di rumah sakit karena tidak sesuai aturan sehingga tidak semuanya peserta mendapatkan pelayanan yang baik dari rumah sakit. #osk

x

Jangan Lewatkan

Dana Bantuan 11 Parpol Di Sumsel Tahun 2017 Capai Rp 2.030.811.552

Palembang, BP Hingga saat ini Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumsel belum menerima secara resmi petunjuk pelaksanaan (juklak) ...