Home / Headline / Sampah Palembang Capai 1.200 Ton Per Hari

Sampah Palembang Capai 1.200 Ton Per Hari

DSCN0007
Restoran dan mal paling banyak memproduksi sampah. Petugas cukup kewalahan sebab harus lebih sering bolak-balik mengangkut sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).
Palembang, BP
Dinas Kebersihan Kota (DKK) Palembang melihat saat ini sampah tidak lagi mencapai 700 ton per hari. Tingginya aktivitas masyarakat jelang Lebaran ditambah sampah kiriman dari aliran sungai Kabupaten terdekat membuat volume sampah makin tinggi. Diperkirakan sampah di Kota Palembang sudah mencapai 1.000 hingga 1.200 ton per hari.
“Tidak hanya produksi sampah dari masyarakat Kota Palembang, namun tingginya aktivitas masyarakat pendatang dari daerah membuat volume sampah makin tinggi, termasuk juga sampah kiriman dari aliran Sungai Kabupaten terdekat,” kata Kepala DKK Kota Palembang Agung Nugroho, Minggu(12/7).
Agung menjelaskan, sampah saat ini sudah mencapai titik peningkatan yang cukup signifikan, apalagi penduduk yang datang ke Kota Palembang juga kian bertambah. Termasuk makin banyaknya pusat keramaian, resto, rumah makan, dan mal yang memicu sampah mencapai puluhan ton per hari.
“Kawasan Jalan Angkatan 45 itu banyak rumah makan, resto, ada juga tuga mal besar yang cukup ramai, sampahnya banyak hingga petugas harus mengangkut beberapa kali lebih banyak dari hari bisanya. Ini mengindikasikan jika sumber sampah dari aktivitas masyarakat ini sudah makin tinggi,” katanya.
Pihaknya sendiri saat ini terus berupaya menjalin kerja sama dengan pihak ke tiga agar dapat mengatasi masalah sampah ini, termasuk Jerman, Jepang, dan Australia dalam mengatasi kebersihan Kota Palembang baik sampah kering, basah, maupun limbah melalui sanitasi.
“Kami yakin dengan realisasi kerja sama dengan pihak-pihak ini beberapa tahun ke depan, sampah Kota Palembang sudah sangat berkurang dan kondisi air di Palembang sudah semakin bersih. Saat ini kami akan terus berupaya menjalin kerja sama ini,” katanya.
Pihaknya sendiri akan mengoordinir tiap kelurahan dan Kecamatan untuk merealisasikan pengolahan sampah dari beberapa lembaga peduli kebersihan ini sehingga dapat mengatasi masalah sampah ini lebih tersistem dan terkelola dengan baik, bahkan bisa sama dengan yang ada di Jepang.
“Jepang butuh 50 tahun untuk mengatasi masalah kebersihan Kota hingga benar-benar bersih, namun dengan pengalaman yang ada dan dibantu beberapa negara, Palembang dalam waktu yang lebih cepat lagi akan merealisasikannya,” katanya.
Agung menjelaskan, kawasan Talang Kelapa, Alang Alang Lebar saat ini sudah mulai menjalankan program percontohan reuse, reduce, dan recycle dari lembaga Japan International Cooperation Agency (JICA) dan akan menyusul di Kecamatan Ilir Barat I, Kalidoni, dan Plaju.
“Tahapan pengelolaan sampah ini sudah berjalan, bahkan di Talang Kelapa saat ini sudah ada hasil yang cukup baik dalam pemisahan sampah-sampah ini. Kami harap ke depan untuk kawasan lain dapat lebih cepat lagi menerapkan program ini,” jelas dia.
Sementara itu Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Syahril  Taat mengatakan, selama Lebaran ada 96 armada yang siap mengangkut sampah di Kota Palembang. Selain truk sampah, disediakan juga mobil patroli untuk memonitor pengangkutan sampah.
“Diharapkan tidak ada lagi tersisa atau ada sampah yang menumpuk. Untuk itu warga juga diminta untuk proaktif tidak membuang sampah sembarang. Kami minta sampah dibuang di tong sampah. Jika pada hari Lebaran petugas pengangkut sampah untuk di rumah-rumah libur sehingga sampah bisa diangkut ke TPS terdekat dan pihaknya segera mengangkut,” katanya.
Dikatakan, volume sampah yang terbanyak umumnya dari Kecamatan Ilir Timur (IT) 1, Bukit Kecil dan IT 2. Hal ini dikarenakan di kecamatan tersebut jumlah penduduk dan konsumsinya banyak.  Untuk menghadapi lonjakan sampah tersebut selain menyiapkan armada tentu pihaknya akan menambah petugas kebersihan dan unit angkutan yang mengangkut sampah beberapa kali lebih banyak dari hari hari biasanya tiap hari. #ren
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

LCC Sejarah Bentuk Karakter Pemuda Yang Tangguh

Palembang, BP Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kodam II/ Sriwijaya Palembang, menggelar Lomba Cerdas Cermat ...