Home / Pendidikan / Diknas Sumsel Siapkan Beasiswa S-1 Untuk Guru SD

Diknas Sumsel Siapkan Beasiswa S-1 Untuk Guru SD

Palembang, BP

kepala-dinas-pendidikan-provinsi-sumsel-widodo-300x168Berdasarkan catatan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), sejumlah daerah tengah menghadapi permasalahan kekurangan guru Sekolah Dasar (SD_ berstatus Strata Satu (S1). Untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya telah menyediakan beasiswa S1 sebanyak 8.600 bagi calon guru SD setiap tahunnya.

“Beasiswa ini dialokasikan dari Program Kuliah Gratis yang tengah dilakukan Pemprov Sumsel,” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Widodo, kepada BeritaPagi, belum lama ini.

Untuk itu, Pemprov Sumsel akan menerima calon guru-guru SD yang nantinya dikuliahkan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Diharapkan, para guru yang memanfaatkan beasiswa ini bisa menyelesaikan pendidikan selama empat tahun.

“Sehingga dengan demikian stok guru SD bisa bertambah,” ujarnya.

Menurut dia, minimnya stok guru SD berstatus S1 disejumlah daerah di Sumsel lantaran sudah banyak yang pensiun. Kemudian, banyak juga guru SD yang beralih menjadi guru SMP dan SMA. Hal inilah yang menjadi prioritas Disdik Sumsel untuk pemerataan guru-guru di daerah. Tidak meratanya penyebaran guru di sejumlah daerah di Sumsel menjadi perhatian khusus. Sayangnya, kewenangan mengatur penyebaran guru berada di tangan bupati/walikota masing-masing.

“Mestinya ada kewenangan gubernur untuk mengatur itu. Kami berharap gubernur bisa memfasilitasinya supaya bisa menata, sehingga mutasi guru antar kabupaten/kota bisa terjadi,” ujarnya.

#adk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Safari Ramadan, APJII Beri Santunan Santri

Palembang, BP  Agenda safari Ramadan pengurus pusat Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) berlanjut menyambangi wilayah Palembang. Tak lupa, momen ...