Home / Sumsel / 15 Ton Daging Tumpah di Cinde

15 Ton Daging Tumpah di Cinde

Palembang, BP
Sebanyak 15 ton daging kiriman dari Kabupaten Subang, Jawa Barat menjejali Pasar Cinde, Minggu (12/7). Ribuan warga pun tak sabar untuk membawa pulang daging yang berharga di bawah pasaran yakni Rp99.000/kg tersebut.

Baru beberapa menit Dirjen Kementerian Perdagangan Dalam Negeri Srie Agustina menyerahkan secara simbolis daging kepada para perwakilan pedagang pasar, puluhan ibu-ibu langsung membuntuti para pedagang sapi yang mendapatkan daging tersebut.

Belum sempat pedagang masuk k edalam losnya, puluhan ibu-ibu pun menyerbu daging sapi asal Subang tersebut. Daging sapi segar yang masih terbungkus plastik yang berada dalam kotak tersebut itu pun menjadi primadona baru bagi pengunjung Pasar Cinde menjelang Lebaran.

Dirjen Kementerian Perdagangan Dalam Negeri Srie Agustina mengatakan, harga jual yang telah disepakati oleh Bulog, PD Pasar dan pedagang yakni Rp99.000/kg.

“Sebenarnya kami ingin jual Rp98.000/kg, tapi setelah dihitung-hitung, kita jual segitu. Ini sudah termasuk keuntungan pedagang,” katanya.

Ia menjelaskan, harga daging yang keluar dari rumah potong hewan (RPH) Subang Rp86.500/kg, ditambah biaya ongkos Rp2.500/kg, dan sewa kontainer serta biaya operasional untuk Bulog.

Dengan nominal tersebut, pedagang mendapatkan keuntungan Rp5.000/kg. Sehingga pedagang juga harus menjual sesuai dengan harga yang telah ditetapkan. Pihaknya bersama Bulog dan PD Pasar Palembang Jaya memastikan terus memantau agar tak ada pedagang yang nakal yang akan menjual lebih dari harga tersebut.

Upaya mendatangkan daging dari Subang ini untuk penyeimbang harga daging sapi di Sumsel. Ia mengakui harga daging sapi di Sumsel termasuk salah satu yang cukup tinggi di Indonesia karena itu Kementerian Perdagangan melakukan hal tersebut.

“Ini bukan operasi pasar ataupun pasar murah akan tetapi daging ini tetap kita serahkan kepada pedagang dan pedaganglah yang akan menjualnya kepada pembeli atau masyarakat,” ungkapnya.#idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

LCC Sejarah Bentuk Karakter Pemuda Yang Tangguh

Palembang, BP Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kodam II/ Sriwijaya Palembang, menggelar Lomba Cerdas Cermat ...